Mengenal Definisi dan Jenis-Jenis Discussion Text

discussion text

Tak kenal maka tak sayang. Setuju nggak nih sobat RBD? Hehehe. Di kelas XI kita mulai mengenal banyak sekali jenis teks. Nah, sobat RBD udah pada kenal belum nih sama discussion text? Apa sih discussion text itu? Simak artikel ini untuk tahu jawabannya!

Definisi Discussion Text

Discussion text dapat didefinisikan sebagai teks yang membahas sesuatu (discuss). Namun, karena discussion selain berarti pembahasan, berarti juga diskusi, maka discussion text adalah teks yang mendiskusikan argumen pro dan kontra mengenai suatu masalah.

Generic Structure dari Discussion Text

Generic structure dari sebuah discussion text biasanya terdiri dari tiga bagian utama:

Introduction: Bagian ini memperkenalkan topik atau isu yang akan dibahas. Biasanya mencakup pernyataan masalah atau kontroversi dan memberikan informasi umum untuk membantu pembaca memahami konteks pembahasan.

Content: Bagian ini menyajikan argumen atau sudut pandang terkait dengan topik. Setiap argumen, baik itu positif maupun negatif, didukung oleh bukti, contoh, atau penalaran sang penulis. Isinya terdiri dari beberapa paragraf dengan porsi argumen tertentu dan terkadang mempunyai pola yang menyesuaikan dengan sikap penulisnya.

Conclusion: Bagian ini merangkum poin-poin utama yang dibahas dalam teks dan mungkin juga mengandung kesimpulan atau rekomendasi berdasarkan argumen yang disajikan. Kesimpulan dapat menjadi sebuah restatement atas keberpihakan atau sikap penulis terhadap topik atau bisa juga mengusulkan tindakan untuk mengatasi masalah dalam topik tersebut.

Nah, sekarang coba kita lihat apa saja jenis discussion text yang dipelajari di SMA.

Jenis-Jenis Discussion Text

Di kelas XI dan XII biasanya beberapa jenis discussion text akan kita temui, jenis-jenisnya meliputi:

Debate: Teks jenis ini merupakan debat terstruktur secara tertulis di mana para penulisnya menyajikan argumen mendukung (argue for) dan menentang (argue against) topik atau ide tertentu. Debate berstruktur formal, yang biasanya dimulai dengan pernyataan pembuka, tanggapan, dan argumen penutup. Discussion text jenis ini bisa ditemukan di forum-forum dan media sosial.

Persuasive Essay: Ini adalah esai di mana penulis bertujuan untuk meyakinkan pembaca untuk mengadopsi sudut pandang mereka tentang isu tertentu. Esai ini umumnya mencakup pernyataan tesis yang jelas, argumen pendukung, dan bukti untuk mendukung klaim-klaim pada argumennya.

Opinion Piece: Ini adalah tulisan berupa opini atau editorial yang menyatakan pendapat pribadi penulis tentang topik tertentu. Tulisan opini bertujuan untuk menyampaikan pemikiran dan perasaan penulis tentang suatu isu secara lebih informal dan subjektif. Contohnya, beberapa surat kabar menyediakan kolom opini yang isinya berdasarkan pendapat pembaca.

Online Discussion: Penulis berpartisipasi dalam forum diskusi online atau diskusi kelompok di mana mereka berbagi perspektif mereka tentang topik tertentu dan terlibat dalam dialog dengan teman maupun orang asing. Format ini memungkinkan penulis untuk berlatih mengartikulasikan ide-ide mereka dan menanggapi pendapat orang lain dalam suasana kolaboratif. Tidak menutup kemungkinan diskusi ini juga akan berubah menjadi debate yang bersifat lebih intens.

Academic Debate: Penulis terlibat dalam debat atau diskusi akademik di mana mereka menganalisis dan mendebat topik atau teori kompleks yang terkait dengan studi akademis mereka. Diskusi ini sering membutuhkan penulis untuk melakukan penelitian, menyajikan bukti, dan mengevaluasi secara kritis sudut pandang yang berbeda.

Kesimpulan

Dengan mengenali definisi dan berbagai jenis discussion text ini, sebagai siswa, kita bisa mengembangkan berbagai keterampilan, termasuk berpikir kritis, menulis persuasif, dan komunikasi yang efektif. Selain itu, dengan mepelajari fitur-fitur di dalamnya, kita bisa menjadi penulis dan komunikator yang lebih terampil dalam berbagai konteks. Jangan lupa pantengin terus blog Rumah Belajar Digital buat update materi-materi bahasa Inggris kelas XI yaa. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *