Peranan Jamur dalam Kehidupan

Peranan jamur dalam kehidupan sangatlah banyak, baik itu peranan yang menguntungkan maupun yang merugikan. Nah Sobat RBD, di artikel ini kita akan membahas beberapa peranan jamur dalam kehidupan, diantaranya adalah:

1. Peranan Jamur dalam Proses Fermentasi

Beberapa jamur memiliki peran penting dalam proses fermentasi, fermentasi merupakan proses alami saat mikroorganisme seperti ragi mengubah karbohidrat, seperti pati dan gula, menjadi alkohol atau asam. Dalam proses ini, alkohol atau asam berperan dalam pembuatan pengawet alami yang dapat membuat makanan tersebut menghasilkan rasa yang berbeda. Jamur yang berperan dalam proses fermentasi diantaranya:

  • Saccharomyces cereviceae yang berperan dalam proses pembuatan roti, minuman anggur, kue, dan bir sejak zaman kuno. Jenis khamir ini bekerja dengan menguraikan karbohidrat menjadi gula dan alkohol.
  • Aspergillus oryzae yang berperan dalam proses pembuatan kecap dan tauco.
  • Aspergillus wentii yang berperan dalam proses pembuatan kecap dan tauco. Pada proses pembentukan kecap, jamur Aspergillus wentii bekerja sama dengan jamur Aspergillus oryzae untuk mengubah kacang kedelai menjadi kecap atau tauco. Proses fermentasi yang pertama, Aspergillus wentii dan Aspergillus oryzae akan bekerja untuk mengubah protein menjadi bentuk protein terlarut, peptida, pepton dan asam-asam amino, juga terjadi pengubahan karbohidrat yang akan dilakukan oleh aktivitas enzim amilotik. Karbohidrat tersebut akan diubah menjadi gula reduksi. Proses fermentasi yang kedua akan menghasilkan kecap atau tauco, prosesnya dibantu oleh bakteri Lactobacillus sp. Pada tahap ini terjadi proses pengubahan gula. Gula yang dihasilkan pada proses fermentasi kecap akan diubah menjadi komponen asam amino. Komponen asam amino inilah yang nantinya akan menghasilkan rasa dan aroma khas kecap.
  • Neurospora sithophila yang berperan dalam proses pembuatan oncom.
manfaat jamur dalam proses pembuatan oncom
Jamur Neurospora sithophila di oncom (Sumber: www.jeryanuar.web.id)
  • Penicillium camemberti dan Penicillium requiforti yang berperan dalam proses pembuatan keju.
  • Saccharomyces ovale yang berperan dalam proses pembuatan alkohol, ia bekerja mengubah glukosa menjadi alkohol dan karbondioksida.

2. Peranan Jamur dalam Bidang Medis

manfaat jamur sebagai penghasil antibiotik
Alexander Flemming (Sumber: www.idntimes.com)

Jamur juga berperan dalam bidang medis yaitu melalui penggunaan antibiotik yang pertama kali ditemukan oleh Alexander Flemming, ia adalah orang pertama yang mengetahui khasiat penisilin, yaitu zat antibiotik yang dihasilkan oleh jamur jenis Penicillium notatum dan Penicillium chrysogenum.

3. Berperan dalam Bidang Pertanian

Jamur saprofit (Sumber: klasifikasi-jamur-grigit)

Jamur sebagai organisme saprofit sangat penting untuk membantu mengembalikan kesuburan tanah. Jamur-jamur saprofit menghancurkan kayu dan daun-daunan kering sehingga menjadi mineral kembali.

4. Berperan sebagai Bahan Pangan

manfaat jamur sebagai sumber pangan
Jamur krispi (Sumber: www.koran-gala.id)

Beberapa jenis jamur dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan seperti jamur tiram dan jamur kuping.

5. Peran Jamur yang Merugikan

Selain memiliki banyak manfaat, ternyata ada juga beberapa jamur yang merugikan, diantaranya adalah:

  • Aspergillus nidulans dan Aspergillus niger adalah jenis jamur yang sering hidup pada saluran telinga tengah dan menimbulkan penyakit yang dikenal dengan otomikosis.
  • Aspergillus fumigatus, dapat menimbulkan penyakit paru-paru pada burung.
  • Aspergillus flavus, dapat menghasilkan racun aflatoksin.
  • Amanita phalloides menghasilkan racun falin, yang dapat merusak sel-sel darah merah.
  • Cordyceps sp, dapat menginfeksi serangga dan mengendalikan serangga sehingga menjadi serangga zombie.
Jamur Cordyceps yang dapat menginfeksi serangga (Sumber: homecare24.id)

Nah Sobat RBD, ternyata banyak banget yaaa manfaat jamur dalam kehidupan manusia. Semoga artikel ini bisa ngebantu kalian belajar di rumah ya, biar makin ngerti materi tentang Kingdom Jamur, kalian bisa baca-baca artikel tentang Struktur Jamur dan Klasifikasi Jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *