Perdagangan Internasional

Hallo sobat RBD, kalian pernah ga belanja online dari luar negeri? Waktu pengirimannya pasti lebih lama kan, hal itu karena pengiriman antar negara membutuhkan waktu. Nah kegiatan tersebut disebut dengan impor, artinya membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri. Impor termasuk dalam salah satu kegiatan perdagangan internasional. Artinya ekspor juga dong? Yap betul ekspor juga salah satu kegiatan perdagangan internasional yaa.

Jadi, kegiatan jual beli yang dilakukan oleh antar negara dengan tujuan mencari keuntungan disebut dengan perdagangan internasional.

Eits tapi bukan hanya individu saja yang bisa melakukan jual beli antar negara, perusahaan bahkan negara pun melakukan pergagangan internasional. 

Manfaat Perdagangan Internasional

  • Memungkinkan terjadinya spesialisasi, terutama dari negara eksportir.
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
  • Mendorong munculnya teknologi baru.
  • Memperluas pasar.
  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi.
  • Memperluas lapangan kerja.
  • Memperoleh tambahan devisa.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Nah, kira-kira apa saja faktor yang mendorong individu atau perusahaan melakukan perdagangan internasional? 

  1. Perbedaan Sumber Daya Alam

Faktor yang pertama adalah perbedaan SDA, karena letak geografis setiap negara memiliki karakteristik SDA yang berbeda. Misalnya Indonesia adalah nega yang kaya akan rempah-rempah, namun tidak negara lain.  

  1. Selera 

Akhir-akhir ini selera masyarakat lagi mengiblat ke arah korea nih, dari mulai style baju, music, makanan dan lainnya. Hal ini juga mendorong timbulnya perdagangan internasional

  1. Perbedaan Teknologi

Perbedaan teknologi jelas mendorong seseorang atau suatu perusahaan melakukan ekspor/impor, karena dengan kegiatan jual beli internasional akan mempermudah seseorang dalam melakukan produksi

  1. Efesiensi biaya

Ketika kita memproduksi suatu barang/jasa dalam jumlah yang besar namun minat dalam negeri kurang biasanya hal yang efektif adalah melakukan ekspor. 

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional 

Selain faktor pendorong ternyata da juga yang menghambat, apa aja ya? 

  1. Kondisi ekonomi dan politik suatu negara

Biasanya jika negara sedang terlibat konflik dari dalam negeri maupun luar negeri biasanya negara lain akan menunda ataupun menghentikan perdagangan internasional. 

  1. Kebijakan negara tersebut

Salah satu kebijakan negara yang menghambat perdagangan inernasional adalah larangan ekspor atau larangan impor dari negara lain

  1. Nilai tukar yang tidak stabil 

Nilai tukar yang tidak stabil bisa menghambat suatu negara melakukan kegiatan ekspor/impor karena akan berpengaruh pada pendapatan devisa negara

  1. Kondisi perekonomian internasional

Pada saat covid-19 kondisi negara mengalami resesi, hal ini menyebabkan terhambatnya kegiatan ekspor/impor suatu negara. 

Selamat belajar ya teman-teman, klik disini kalau kalian mau tau materi kerjasama internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *