Pergerakan dan Pergeseran Kurva

Hallo sobat RBD! Masih inget kan tentang permintaan dan penawaran? Karena sudah pernah baca dari artikel sebelumnya pasti sudah paham ya? Kali ini kita akan mempelajari lebih dalam lagi mengenai kurva permintaan dan penawaran, ternyata kurva ini dapat bergerak dan bergeser loh! Gimana ya caranya pergerakan sebuah kurva? Yuk simak penjelasannya!

Kita ingat-ingat lagi yuk bentuk dari kurva permintaan dan penawaran sebelum mengetahui bagaimana kurva tersebut bergerak dan bergeser

kurva permintaan
kurva penawaran

Kurva permintaan memiliki kemiringan atau slope negatif yaitu garisnya dari kiri atas ke kanan bawah, hal ini karena hubungan antara harga (price) dan jumlah (quantity) berbanding terbalik. Berbeda dengan kurva penawaran yang memiliki kemiringan atau slope positif yaitu garisnya dari kiri bawah ke kanan atas, hal ini karena hubungan antara (price) dan jumlah (quantity) berbanding lurus. 

Pergerakan Kurva

Kurva permintaan atau penawaran dikatakan bergerak apabila hanya berpindah pada garis yang sama. Hal ini karena faktor yang membuat kurva bergerak adalah harga barang itu sendiri

Misalnya harga kopi X mula mula Rp 15.000 dengan kuantitas permintaan sebanyak 140, namun harga kopi X naik menjadi 20.000 maka permintaanya turun menjadi 120. Maka kurva permintaan bergerak dari titik A ke titik B. 

kurva permintaan bergerak

Selanjutnya kurva penawaran pun akan mengalami pergerakan contohnya mula mula harga masker Rp 2.000 dengan jumlah penawaran 20, kemudian harga masker tersebut naik menjadi Rp.4.000 penawaran barang tersebut naik menjadi 40. Maka kurva penawaran bergerak dari titik A ke titik B. 

kurva penawaran bergerak

Pergeseran Kurva

Pergeseran kurva permintaan adalah sebuah kondisi yang mana bergesernya garis pada kurva permintaan akibat beberapa faktor yang menyebabkan perubahan permintaan. Begitu juga kurva penawaran yaitu sebuah kondisi dimana bergesernya garis pada kurva penawaran akibat faktor-faktor yang menyebabkannya. 

DIbawah ini merupakan contoh bentuk dari kurva permintaan yang bergeser:

kurva permintan bergeser

DIbawah ini merupakan contoh kurva penawaran yang bergeser:

kurva penawaran bergeser

Faktor-faktor yang menyebabkan pergeseran kurva yaitu:

  1. Harga barang lain
  • Harga barang subtitusi 
  • Harga barang komplementer
  1. Pendapatan
  2. Selera
  3. Jumlah penduduk 
  4. Ekspetasi atas harga dimasa depan

Jadi dapat disimpulkan bahwa yang menyebabkan kurva bergerak adalah harga barang itu sendiri, sedangkan faktor yang menyebabkan kurva bergeser adalah faktor lain selain harga barang itu sendiri. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *