Kurva Permintaan dan Penawaran 

Hallo sobat RBD, setelah kemarin membahas mengenai fungsi permintaan dan penawaran dan cara menghitungnya, nah kalian tau gak pada materi ini ada grafik/kurvanya juga loh. Kurva ini berfungsi untuk menggambarkan bagaimana perubahan dalam satu variabel, yang disebut variabel independen, memengaruhi variabel lainnya, yang disebut variabel dependen.

Kurva Permintaan

Kalian masih ingat sama fungsi permintaan? Pada fungsi permintaan harga dan kuantitas barangnya berbanding terbalik. Nah pada begitu pula pada kurva permintaan yang mempunyai slope negatif. Artinya, bentuknya akan menurun dari kiri atas ke kanan bawah. 

Bentuknya seperti gambar dibawah ini ya

Selanjutnya kita akan membahas bagaimana kurva permintaan tersebut dapat terbentuk. 

Titik Harga (dalam rupiah)Jumlah yang diminta
A10.000100
B8.000120
C6.000140
D4.000160
E2.000180

Selanjutnya setelah tau berapa tingkat harganya dan jumlah barang yang diminta maka tinggal dimasukan kedalam kurva permintaan: 

Grafik diatas merupakan bagaimana perubahan harga mempengaruhi jumlah barang yang diminta, semakin turun tingkat harga maka jumlah barang yang diminta akan bertambah, dan sebaliknya semakin tingkat harganya naik maka jumlah barang yang diminta akan berkurang.

Kurva Penawaran

Selanjutnya ciri khas dari penawaran adalah kebalikan dari permintaan. Kurva penawaran ber-slope positif, artinya hubungan antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus. Bentuknya penawaran akan berjalan naik dari pojok kiri bawah ke pojok kanan atas.

Bentuk kurva penawaran seperti dibawah ini ya

Grafik penawaran terbentuk dari tabel dibawah ini, disimak ya

Titik Harga (dalam rupiah)Jumlah yang ditawarkan
A10.000180
B8.000160
C6.000140
D4.000120
E2.000100

Setelah tau berapa tingkat harganya dan jumlah barang yang diminta maka:

Teman-teman bisa lihatkan perbedaannya antara penawaran dan permintaan? Grafik diatas merupakan bagaimana perubahan harga mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan, semakin turun tingkat harga maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan berkurang, dan sebaliknya.

Itu dia materi bagaimana kurva penawaran dan permintaan terbentuk, selamat belajar ya! Klik disini kalau kamu mau tau artikel ekonomi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *