Dinamika Penduduk

Pernah gak sih kalian ke permukiman yang padat penduduknya? Atau malah sebaliknya? Nah fenomena tersebut masuk ke dalam pembelajaran geografi loh tepatnya di Dinamika Penduduk. Dinamika penduduk adalah kondisi saat struktur penduduk, jumlah dan persebarannya mengalami perubahan akibat kematian, kelahiran dan perpindahan. Dinamika ini cenderung berubahnya pada jumlah penduduk. Nah, selanjutnya kita bahas yuk faktor-faktor yang memengaruhi dinamika penduduk ini.

Kelahiran (Natalitas)

Adanya kelahiran di suatu wilayah mengakibatkan bertambahnya jumlah penduduk suatu wilayah. Adapun tinggi rendahnya tingkat kelahiran dalam suatu kelompok penduduk tergantung stukur umur, peggunaan alat kontrasepsi, pengangguran, tingkat pendidikan, status pekerjaan wanita serta pembangunan ekonomi. Sekarang kita bahas tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Tingkat kelahiran baik penunjang (pro) atau penghambat (kontra).

Faktor Penunjang (Pro Natalitas)

  1. Menikah usia muda
  2. Budaya di masyarakat mengenai “banyak anak banyak rezeki”
  3. Anak menjadi harapan bagi orang tua untuk mencari nafkah di hari tua
  4. Anak laki-laki menjadi penerus keturunan
  5. Anak menjadi penentu status sosial

Faktor Penghambat (Anti Natalitas)

  1. Program Keluarga Bencana
  2. Penundaan usia menikah

Kematian (Mortalitas)

Ada dua kategori yang menentukan tingkat kematian yaitu angka kematian kasar dan angka kematian khusus. Tingkat kematian kasar adalah banyaknya orang yang meninggal pada suatu tahun per jumlah penduduk pertengahan tahun tersebut. Sedangkan tingkat kematian khusus dipengaruhi oleh jenis kelamin, umur, dan pekerjaan. Berikut ini faktor penunjang dan penghambat kematian di Indonesia yaitu.

Faktor Penunjang Kematian (Pro Mortalitas)

  1. Bencana alam
  2. Gizi penduduk yang rendah
  3. Fasilitas kesehatan kurang memadai
  4. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan

Faktor Penghambat Kematian (Anti Mortalitas)

  1. Fasilitas kesehatan yang memadai
  2. Meningkatnya keadaan gizi penduduk
  3. Menambah jumlah tenaga medis seperti dokter dan bidan
  4. Terdapat kesadaran penduduk akan pentingnya kesehatan

Migrasi Penduduk

Faktor selanjutnya yang berpengaruh pada dinamika penduduk adalah migrasi penduduk. Migrasi menjadi bagian dari mobilitas penduduk, yang artinya perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah yang lain. Mobilitas penduduk dibagi menjadi dua yaitu mobilitas penduduk yang bersifat permanen dan mobilitas penduduk yang bersifat non permanen.

Nah, itu penjelasan mengenai Dinamika Penduduk. Biar makin seru belajarnya yuk gabung di Rumah Belajar Daniel. Kalian bisa belajar bareng tutor yang berpengalaman loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *