Permintaan: Pengertian, Hukum, dan Faktor Pendorong

Hallo sobat RBD, dalam materi ekonomi kelas 10 terdapat konsep pasar dan terbentuknya dalam perekonomian, namun sebelum kesana kita akan mempelajari dulu permintaan dan penawaran sebagai pembentuk pasar.

Permintaan atau demand artinya semua barang dan jasa yang diminta oleh masyarakat pada berbagai tingkat harga. Biasanya berasal dari sudut pandang konsumen ya.

Coba bayangkan kalau kedai kopi kesukaanmu lagi diskon besar-besaran, kita-kita kalian cenderung akan membelinya kan? Beda halnya kalau harga kopinya tiba-tiba naik, pasti ada rasa malas untuk membelinya karna harga yang naik kan?

Nah itulah bentuk dari hukum permintaan, yang berbunyi

“jika harga suatu barang/jasa naik, maka permintaan akan barang/jasa tersebut  akan menurun, sebaliknya jika harga suatu barang/jasa turun maka permintaan akan barang/jasa tersebut akan meningkat, cateris paribus

Eits cateris paribus itu artinya apa ya? 

Cateris paribus itu artinya faktor lain yang mempengaruhi dianggap tetap ya. 

Faktor Yang Mempengaruhi

1.Harga barang itu sendiri 

    Yap harga barang itu sendiri akan mempengaruhi jumlah barang yang diminta, misalnya jika harga barang itu naik, maka jumlah barang yang diminta masyarakat akan barang tersebut akan berkurang, dan sebaliknya

    2. Harga barang lain

      Berdasarkan fungsinya barang ada yang berfungsi sebagai pengganti (subtitusi) dan sebagai pelengkap (komplementer), kedua jenis barang ini akan mempengaruhi harga barang utama. 

      a. Harga barang pengganti (subtitusi)

          Mari umpama kan kopi sebagai pengganti teh. Apabila harga kopi naik, maka permintaan akan teh akan bertambah, karena masyarakat akan memilih harga yang tetap dibanding harga yang naik. Begitu pula sebaliknya. Apabila harga kopi turun maka permintaan teh akan berukurang, karena masyarakat lebih memilih mengonsumsi kopi yang harganya sedang turun. 

          b. Harga barang pelengkap (komplementer)

            Kali ini karena barangnya saling melengkapi maka mari umpamakan kopi dan gula ya. Apabila harga kopi sedang turun maka permintaan akan gula akan meningkat, karena permintaan kopi akan meningkat maka otomatis permintaan gula pun akan meningkat. Begitu pula sebaliknya, apabila harga kopi sedang naik, maka permintaan akan gula akan menurun. 

            3. Tingkat pendapatan

            Pendapatan masyarakat berpengaruh dalam meningkatkan faktor jumlah barang yang diminta. Misalnya seorang pekerja memiliki gaji Rp 5.000.000/bulan maka ia akan mengatur uangnya dan hanya menyisakan Rp 1.000.000 untuk berbelanja bulanan, berbeda dengan pekerja lain yang memiliki gaji Rp 10.000.000 maka ia akan menyisakan uangnya sebesar Rp.3.000.000 untuk berbelanja setiap bulannya. 

            4. Selera masyarakat 

            Selera atau kebiasaan masyarakat juga bisa berpengaruh pada jumlah barangyang diminta. Misalnya sekarang budaya korea sedang masuk baik dari segi musik, fashion, dan film, maka minat masyarakat akan mengarah kesana. 

            5. Jumlah penduduk 

            Banyak atau sedikitnya jumlah penduduk tentunya akan mempengaruhi jumlah barang yang diminta oleh masyarakat akan suatu barang. Semakin banyak jumlah peduduk maka semakin banyak barang/jasa yang diminta masyarakat.

            6. Prediksi masa mendatang

            Coba bayangkan jika pemerintah mengumumkan harga bensin akan naik pada bulan depan, maka kita akan berbondong-bondong membeli bensin sekarang karena bulan depan akan naik. Nah itulah mengapa prediksi masa mendatang menjadi faktor yang mempengaruhi permintaan. 

            Selamat belajar! Klik disini kalau mau tau materi sebelumnya tentang materi Pelaku Kegiatan Ekonomi.

            Leave a Reply

            Your email address will not be published. Required fields are marked *