Sebaran Sumber Daya Alam Kelautan

Sebaran sumber daya alam kelautan di Indonesia sangatlah berlimpah. Hal itu dikarenakan Indonesia mempunyai banyak laut dan potensi sumber daya alam hayati dan non hayati di wilayah laut. Tidak hanya itu, sumber daya yang ada tersedia hingga di bawah permukaan laut.

Perikanan

Potensi perikanan laut di Indonesia hampir tersebar jenis perikanan pelagis. Jadi ikan pelagis adalah ikan yang hidup di permukaan air dengan kedalaman 0-200 meter di bawah permukaan laut. Di bagian barat sering dijumpai ikan pelagis kecil, sedangkan di bagian timur terdapat ikan pelagis besar, cakalang dan tuna. Selain itu, penduduk juga banyak membudidayakan ikan seperti udang dan ikan bandeng.

Hutan Mangrove

Hutan mangrove yaitu hutan yang hidup di sepanjang Pantai daerah tropis dan tentu dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Sebaran hutan ini ada di pesisir timur Sumatera, pesisir Kalimantan dan pesisir Selatan Papua. Selain menjadi potensi sumber daya kelautan, hutan mangrove juga menjadi habitat Binatang laut seperti berlindung, berkembang biak dan mencari makan serta melindungi pantai dari abrasi laut (fungsi ekologis). Adapun hutan ini juga menjadi sumber nilai ekonomis dari kayu dan makhluk hidup di dalamnya. Kayu-kayu tersebut digunakan untuk bahan kayu bakar dan arang bahkan menjadi bahan pembuat kertas. Perkembangan hutan mangrove dipengaruhi oleh air laut, air tawar sebagai sumber makanannya dan endapan lumpur yang substartnya berasal dari erosi daerah hulu.

Padang Lamun

Tumbuhan tinggi yang menyesuaikan diri hidup terendam di dalam laut disebut padang lamun. Lamun tumbuh subur di daerah terbuka pasang surut dan perairan pantai yang dasarnya itu terdapat pasir, kerikil, lumpur dan patahan karang mati. Padang lamun menjadi salah satu sumber daya alam kelautan yang tersebar di Indonesia. Manfaat dari lamun adalah produsen primer, habitat biota, pendaur zat hara dan penangkap sedimen.

Terumbu Karang

Terumbu yang terbentuk dari kapur yang Sebagian besar dihasilkan dari koral dinamakan terumbu karang. Apabila ribuan koral membentuk koloni, koral-koral tersebut membentuk karang. Luas terumbu karang di Indonesia mencapai 284,3 ribu km. di dalam terumbu karang juga terdapat keanekaragaman hayati di dalamnya.

Nah, itu penjelasan mengenai Sebaran Sumber Daya Alam Kelautan. Biar makin seru belajarnya yuk gabung di Rumah Belajar Daniel. Kalian bisa belajar bareng tutor yang berpengalaman loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *