Tips Agar Persiapan Gap Year Kalian Lebih Efektif

Untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan, tentu perlu yang namanya persiapan salah satunya adalah persiapan Gap Year. Persiapan ini berguna agar waktu dan usaha yang kalian lakukan selama ini bisa membuahkan hasil. Terlebih Gap Year ini bisa menghabiskan waktu sampai 2 tahun lamanya. Jadi ini tips-tips agar persiapan gap year kalian lebih efektif. Yuk kita simak bareng-bareng.

Menentukan Target

Hal yang pertama kalian lakukan adalah menentukan target. Hal ini bertujuan agar kalian bisa fokus ke tujuan utama yaitu masuk PTN dan jurusan impian. Langkah yang bisa dilakukan tentu dengan belajar dan susunan strategi yang baik. Apabila kalian memiliki target dan strategi yang matang, maka semakin besar kesempatan untuk masuk PTN Impian. 

Membuat Jadwal Belajar

Selama gap year, pasti akan banyak waktu luang kalian di rumah. Oleh karena itu, buatlah jadwal belajar dan tetap konsisten untuk mengerjakannya. Jadwal yang dibuat bisa kalian sesuaikan dengan agenda lain seperti hobi, jam istirahat dan bermain. Sebagai contoh, waktu terbaik untuk belajar dimulai dari jam 9-11 pagi, 13-15 siang atau 6-8 malam. Tapi jangan sampai berlebihan juga ya!

Menguasai Materi Pembelajaran

Selain membuat jadwal belajar, kalian juga harus menguasai materi pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan susunan strategi yang baik. Buatlah strategi dan cara-cara mudah agar kalian dapat menguasai materi. Di Rumah Belajar Daniel terdapat strategi dalam menguasai pembelajaran, karena disana akan diajarkan mengenai konsep-konsep yang dikemas supaya mudah dipahami.

Belajar Kelompok

Apakah kalian merasa mudah apabila belajar dengan cara berkelompok? Jika iya, itu disebabkan karena ketika belajar bersama teman bisa sharing mengenai materi yang kurang dipahami. Nah, kalian bisa loh belajar bareng temen seperjuangan Gap Year di program Gap Year Rumah Belajar Daniel. Tentu dengan tutor yang seru dan sudah berpengalaman akan membantu kesulitan kalian.

Perbanyak Try Out Online

Jangan lupa sempatkan waktu kalian buat ikut try out online ya. Dengan ikut try out online kalian akan mengetahui pola soal dan melatih manajemen waktu. di Rumah Belajar Daniel kalian bisa mendapatkan keduanya sekaligus, tidak hanya itu saja kalian juga bisa memperoleh hasil dan evaluasi kesalahan di materi apa saja selama mengerjakan try out.

Kuatkan Mental Dan Tekad

Tidak jarang pejuang gap year dipandang sebelah mata, bahkan ada beberapa lontaran hinaan dari orang-orang. Maka dari itu, siapkan mental untuk tidak menghiraukan hinaan. Fokuslah untuk mengerjar target dan tekad agar impian bisa tercapai.

Kembangkan Minat Dan Bakat

Selama gap year berlangsung kalian juga perlu mengisi waktu untuk eksplor minat dan bakat yang dimiliki. Jadi tidak hanya fokus ke pembelajaran materi SNBT saja. Tidak lupa jalankan hobi agar pikiran tidak jenuh.
Jaga Komitmen

Tetaplah fokus pada target dan tujuan sejak awal, yaitu mengejar PTN dan jurusan yang diimpikan. Teguhkan hati pada komitmen yang sudah dibuat, agar kalian dapat menikmati hasil yang diinginkan.   

Jaga Kesehatan

Yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan selama gap year berlangsung. Jangan sampai waktu yang dihabiskan lebih banyak untuk belajar, sehingga tidak memperhatikannya. Buatlah agenda olahraga seminggu 2x seperti lari pagi, bersepeda dan berenang. Tidak hanya itu diselingi makan makanan yang bergizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *