Pahami Kekurangan Gap Year Agar Bisa Atur Strategi

Gap year ini mempunyai kelebihan seperti yang dijelaskan di artkel , namun punya juga kekurangan. Kelebihan gap year sendiri adalah dapat mengenali diri sendiri, menumbahkan sikap mandiri, dan lebih matang menghadapi dunia perkuliahan seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya Manfaat Gap Year. Sedangkan kekurangan dari gap year sendiri seperti berikut ini.

Merasa Tertinggal

Ketika seseorang mengambil keputusan untuk gap year pasti akan ada perasaan merasa tertinggal dengan teman sebayanya. Namun kalian jangan khawatir, ketika masuk kuliah nanti usia bukanlah suatu masalah. Tetap jalani tanpa perlu khawatir mengenai hal ini.

Memerlukan Banyak Biaya

Salah satu kekurangan gap year adalah akan mengeluarkan banyak biaya. Tentu biaya tersebut digunakan untuk mengisi kegiatan positif seperti melanjutkan hobi yang tertunda, eksplor hal-hal baru dan melakukan kegiatan kesukaan kalian. Namun apabila kalian memiliki penghasilan sendiri itu bukanlah suatu masalah. Hal ini bisa kamu atasi dengan mengikuti volunteer atau kegiatan parttime. Tapi jangan lupa atur keuangan kalian ya, karena gaji yang didapatkan volunteer dan parttime tergolong masih rendah.

Stigma Negatif Mengenai Gap Year

Stigma mengenai gap year ini tergantung daerah masing-masing, karena setiap daerah memiliki pemikiran yang berbeda. Bisa saja di satu daerah menganggap apabila seseorang baru lulus dari SMA dan memilih gap year dianggap orang yang malas. Padahal ada alasan tersendiri seseorang memutuskan untuk gap year, dan bisa jadi bermanfaat apabila diisi dengan kegiatan positif.

Memerlukan Perencanaan yang Matang

Ketika seseorang memutuskan untuk gap year tentu harus memiliki perencanaan yang matang. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah tujuan, rencana dan strategi yang harus diperhatikan. Jika hal tersebut tidak fokus sama saja kalian membuang waktu dan hanya menyiakan kesempatan.  Tidak hanya itu, terkadang ada rasa malas untuk kembali menempuh pendidikan. Pastikan kalian membuat perencanaan yang detail ya supaya gap year kalian ada hasilnya dan ada manfaat kedepannya.

Kurang Siap Kembali Belajar Formal

Selama menempuh pendidikan 12 tahun, kalian pasti sudah terbiasa dengan ritme belajar formal di sekolah. Ketika kalian memutuskan gap year tentu akan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan kembali belajar formal. Hal itu disebabkan menurunnya kemampuan belajar.

Gimana nih udah kebayang kan kekurangan dari gap year ini? Tenang aja hal-hal diatas bisa kamu atasi dan tidak menjadi sia-sia kalau kamu isi dengan kegiatan positif. Akan tetapi di poin nomer 5 mengenai kurang siap kembali belajar formal bisa dicari jalan keluarnya loh, yaitu mengikuti kelas Gap Year di Rumah Belajar Daniel.

Disana kalian akan belajar seperti sekolah formal pada umumnya tentu kemampuan belajar akan meningkat. Yuk belajar bareng kita supaya gap year kamu makin matang dan siap menghadapi UTBK dan Ujian Mandiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *