Reported Speech dan Reporting Verbs

reported speech

Hai sobat RBD, kalian tau ngga, apa sih bedanya reported speech dan reporting verbs? Kita mungkin sering banget denger tentang reported speech. Apalagi pas lagi ngebahas narrative text. Reported speech adalah ujaran yang dilaporkan dari seseorang atau subjek yang berbicara. Sementara itu, reporting verb adalah kata kerja yang digunakan untuk melaporkan ujaran tersebut. Yuk kita lihat apa saja kata kerja yang bisa kita gunakan dalam bembuat reported speech. Read on!

Ada banyak banget reporting verbs dalam bahasa Inggris yang umumnya digunakan untuk menyampaikan ujaran atu pemikiran yang diungkapkan oleh orang lain. Beberapa contohnya adalah “say,” “tell,” “ask,” “inform,” “state,” “mention,” “explain,” “describe,” “claim,” “assert,” “note,” “report,” “reveal,” “announce,” “admit,” “insist,” dan masih banyak lagi.

Dalam paparan berikut ini RBD bakal ngasih panduan singkat tentang cara menggunakan reporting verbs dalam reported speech:

Kata yang Sama dalam Direct Speech

Ketika melaporkan kata-kata yang sama persis dari seseorang, gunakan tanda kutip dan sebuah reporting verb. Misalnya:

Direct speech: She said, “I am going to the store.”
Reported speech: She said that she was going to the store.

Di sini, reporting verb-nya adalah said yang dibarengi dengan preposisi that. Selain itu, jika kalimat aslinya ditulis dengan present continuous, maka kita harus mundurkan waktunya menjadi past continuous. Maka dari itu, to be (am) berubah menjadi was. Sisa katanya tidak perlu diubah.

Gunakan Kata “Bahwa” untuk Reporting Statement

Ketika melaporkan sebuah pernyataan atau statement, maka kita melakukan reporting statement. Gunakanlah sebuah reporting verb yang diikuti oleh “that” sebelum menyatakan sebuah statement atau kalimat berita. Misalnya:

Statement: He claimed that he had finished the project.

Di contoh ini, reporting verb-nya berupa Verb 2, yaitu claimed dan diikuti oleh preposisi that yang berarti “bahwa”.

Gunakan Kata “Apakah” untuk Reporting Question

Ketika melaporkan sebuah pertanyaan, kita membentuk reporting question. Gunakan reporting verb yang diikuti dengan “if” atau “whether” sebelum pertanyaan yang diajukan. Misalnya:

Question:Are you coming to the party?”
Reported speech: He asked if I was coming to the party.

Dalam bahasa Indonesia, if umumnya berarti “kalau”. Akan tetapi, dalam bahasa Inggris, if bisa juga berarti “apakah”. Jadi kalimat di contoh tersebut berarti “Dia bertanya apakah saya akan datang ke pesta (atau tidak).” Perlu diingat juga bahwa to be harus berubah menjadi was. Pronoun “I” di masa lalu pasangannya adalah was, bukan were. Kecuali dalam kalimat pengandaian.

Gunakan “Verb 1” atau “Gerund” untuk Reporting Command

Ketika melaporkan sebuah perintah, kita membuat reporting command atau request, gunakanlah sebuah reporting verb yang diikuti oleh (to) Verb 1 atau gerund. Misalnya:

Command: “Please close the door.”
Reported speech: She asked me to close the door.

Command: “Using a different toothbrush is recommended,” said the dentist.
Reported speech: The dentist recommended using a different toothbrush.

Beberapa kata khusus seperti recommend dan consider umumnya diikuti dengan gerund. Maka dari itu, akan sangat membantu kalau kita tahu kata-kata apa saja yang biasa diikuti dengan gerund.

Perubahan Point of View dan Tenses

Perubahan dalam tenses akan juga berpengaruh pada pronoun and verb yang digunakan dalam reported peech. Ketika mengubah kalimat dari direct speech ke reported speech, perubahan pronoun harus dilakukan ketika sudut pandanganya berubah.

Begitupun juga tenses, biasanya karena reported speech merupakan perkataan yang sudah dikatakan, maka tense-nya harus mundur satu level ke masa lalu. Biasanya dari present tense ke past tense. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan keakuratan grammar dan koherensinya.

Selain itu, dalam memilih reporting verb, kita harus memilih kata kerja yang tepat sehingga bisa secara akurat menggambarkan kesan atau sikap dari reported speech atau ide yang dilaporkan.

Inget-inget ya sobat RBD. Pemilihan reporting verb dan strukturnya bisa bervariasi tergantung konteks, nuansa, dan syarat tertentu berdasarkan jenis informasi yang dilaporkan. Semoga materi kali ini bermanfaat yah buat sobat RBD semuanya. Jangan lupa pantengin terus blog Rumah Belajar Digital buat update materi-materi bahasa Inggris kelas XI yaa. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *