Sebaran Sumber Daya Alam Pariwisata

Kalian pernah dengar arti dari pariwisata gak sih? Jadi pariwisata adalah berbagai macam wisata dan didukung fasilitas serta pelayanan yang disediakan oleh masyarakat, pemerintah dan pengusaha daerah. Dilihat di Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 dijelaskan mengenai kepariwisataan. Jadi disana diberitahukan apa saja hal-hal yang berkaitan dengan pariwisata di Indonesia, salah satunya  sebaran sumber daya alam pariwisata. Kali ini kita bahas yuk dimana aja sih sebaran pariwisata di Indonesia ini!

Wisata Alam

Wisata yang bentuk kegiatannya memanfaatkan potensi sumber daya alam, bisa alami atau ada usaha budidaya. Adapun daya tarik wisata ini adalah keanekaragaman dan keunikan lingkungan alam, baik perairan laut seperti pantai, bentang laut, kolam air dan dasar laut. Sedangkan wilayah daratan terdapat hutan alam, taman nasional, pegunungan, perkebunan, pertanian serta bentang alam seperti karst, gua dan pantai.

Wisata Budaya

Perjalanan yang dilakukan dengan cara mengunjungi tempat lain atau keluar negeri yang tujuannya mempelajari keadaan penduduk, kebiasaan dan adat istiadat, cara hidup dan kebudayaan mereka disebut wisata budaya. Contoh dari wisata ini adalah perkampungan tradisional, situs purbakala dan candi dan museum.

Wisata Buatan

Kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan objek wisata yang sangat dipengaruhi oleh upaya dan aktivitas penduduk. Wisata ini mencakup wisata MICE, wisata olahraga, dan wisata teritegrasi. Misalnya adalah fasilitas rekreasi, taman hiburan, fasilitas peristirahatan terpadu, dan fasilitas olahraga.

Adapun untuk sebaran sumber daya pariwisata yang ada di Indonesia, terdapat di wilayah berikut ini seperti :

Sumatera

Di pulau Sumatera terdapat adanya Danau Toba, Brastagi, Danau Maninjau, Danau Singkarak, Benteng Fort de Kock, Taman Nasional Gunung Leuser, Danau Laut Tawar, Rantau Prapat, Lembah Anai, Danau Ranau, Suaka Alam Way Kambas, dan Benteng Marlborough.

Jawa

Monumen Nasional, Kebun Binatang Ragunan, Planetarium, Dataran Tinggi Dieng, Batu Raden, Gua Jatijajar, Candi Borobudur, Prambanan, Keraton Jogja, Kota Gede, Pantai Parangtritis, Kaliurang, Makam Imogiri, Gunung Bromo-Tengger, Taman Nasional Baluran, Pemandian Tretes, Gunung Tangkuban Perahu, Maribaya, Pangandaran, Pelabuhan Ratu, Museum Geologi, Taman Mini Indonesia Indah, Ancol, Museum Satria Mandala, dan Museum Gajah

Bali

Pantai Kuta, Legian, Tanah Lot, Danau Batur, Klungkung, Pura Besakih, Daerah Trunyan, dan berbagai macam kesenian

Kalimantan

Pantai Pasir Panjang, Danau Riam Kanan, Museum Lambung Mangkurat, Istana Kesultanan Sambas, Taman Nasional Tanjung Puting, dan masyarakat Dayak.

Nusa Tenggara

Taman Nasional Komodo, Danau Kelimutu, Gunung Tambora, dan Taman laut Gili Air

Sulawesi

Tana Toraja, Suaka marga satwa Anoa dan burung Maleo, Mesjid tua Palopo, Taman wisata Renboken, Pantai Losari, Taman Laut Bunaken, dan Danau Tondano.

Papua

Danau Sentani, Gugusan pulau Raja Ampat, Pantai Koren, Hutan Wisata Supiori Tanjung Kasuari, Tugu Pepera, Tugu peninggalan gugurnya Yos Sudarso, dan lokasi bekas markas Jendral Doglas Mc. Arthu.

Nah, itu penjelasan mengenai Sebaran Sumber Daya Alam Pariwisata. Biar makin seru belajarnya yuk gabung di Rumah Belajar Daniel. Kalian bisa belajar bareng tutor yang berpengalaman loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *