Mengatasi Cemas Dalam Menghadapi UTBK

UTBK SNBT tinggal menghitung hari, terkadang ada saja hal yang membuat kita merasa tidak siap hingga membuat blank pada saat mengerjakan soal-soal, pasti tidak mau kan persiapan selama berbulan-bulan hilang karena perasaan cemas menjelang UTBK. Mari kita atasi terlebih dahulu dengan melakukann 4 hal ini

1. Kenali kecemasanmu

Merasa cemas atau khawatir sebetulnya wajar, hal tersebut menjadi alarm dari tubuh untuk melindungi dari ancaman/bahaya dari luar. Tapi cemas atau khawatir akan menjadi tidak wajar jika perasaan tersebut mengganggu aktivitasmu. Hal pertama yg perlu dilakukan jika merasa cemas adalah mengidentifikasi kecemasan tersebut. Kamu bisa bertanya pada diri sendiri ‘apa yang membuat saya khawatir?’ ‘aktivitas apa yang membuat saya menjadi cemas?’ dan pertanyaan lainnya yang dapat mengidentifikasi munculnya perasaan cemas tersebut.

2. Merancang solusi 

Setelah mengidentifikasi kecemasan dan mengetahui secara jelas sumber cemas tersebut, saatnya merancang solusi untuk mengatasi kecemasan. kamu bisa memulai dengan ‘apa yang perlu dilakukan agar perasaan ini tidak menjerumuskanmu kedalam lubang penyesalan?’ bisa jadi kamu perlu mengambil jeda untuk rekreasi, atau bahkan memperkuat lagi belajarmu. semua itu bergantung pada jawaban dari proses identifikasimu.

3. You’re worthy dan bisa ngerjain utbk dengan baik

    Sadari kalau kamu sebetulnya bisa dan mampu menghadapi soal-soal UTBK! Tanamkan didalam pikiranmu kalimat positif yang membuatmu tenang dalam mengerjakan soal. Pikiran kita sangat berpengaruh loh terhadap kemampuan kita dalam menjawab soal! jika ada soal yang mungkin tidak bisa kamu selesaikan dengan baik, cobalah tenang dan tetap berpikir positif jika soal selanjutnya akan dapat kamu selesaikan dengan baik. 

    4. Atur nafasmu

    Semakin kamu cemas, jantung akan memompa darah lebih cepat dan hal tersebut akan membuatmu panik dan gelisah. Jika hal itu terjadi, kamu bisa coba ambil nafas dalam-dalam, hembuskan perlahan dan ulangi selama 3x.

    Maksimalkan belajarmu, dan percaya pada dirimu bahwa kamu bisa mengerjakan soal-soalnya. karena kamu hanya bisa berusaha, Tuhan yang akan menentukan hasilnya! Good luck.

    Klik disini kalau mau tau info PTN lainnya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *