Sistem Pencernaan Manusia

Kenapa mesti ngomongin tentang sistem pencernaan? Salah satu kegiatan yang wajib banget kita lakukan adalah makan. Mau lagi males, mau lagi sibuk, atau lagi ga mood, pokoknya makan jangan sampe kelewat. Gimana mau dapat energi untuk menghadapi kenyataan klo ga mau makan ya Sobat RBD. Makan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Makanan yang kita makan kemudian akan dicerna di dalam tubuh kita. Proses pencernaan ini menghasilkan bahan bakar agar kita dapat terus berenergi setiap harinya.

Sistem pencernaan manusia adalah serangkaian organ di dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk melakukan pencernaan terhadap makanan. Makanan-makanan tersebut akan diproses secara mekanik dan kimia. Pencernaan secara mekanik yaitu proses pencernaan yang terjadi di dalam lambung manusia dengan melibatkan gerakan fisik di dalam tubuh. Proses pencernaan ini akan mengubah ukuran dari molekul-molekul makanan menjadi bentuk-bentuk yang lebih halus atau kecil. Sedangkan, pencernaan secara kimia yaitu proses pencernaan yang melibatkan enzim.

Setelah proses pencernaan makanan selesai, ampas makanan sisa pencernaan kemudian akan dikeluarkan melalui anus sebagai feses. Jadi, sistem pencernaan makanan adalah sebuah proses yang terjadi di dalam organ manusia dengan fungsi untuk mencerna sekaligus mengolah makanan-makanan yang ditelan.

A. Fungsi Pencernaan pada Manusia

Berfungsi untuk mengubah makanan menjadi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia, seperti zat gula, asam amino, dan asam lemak. Nutrisi ini berguna untuk sumber energi, proses perkembangan manusia, dan perbaikan sel-sel tubuh.

B. Proses Sistem Pencernaan Manusia

Proses sistem pencernaan manusia sendiri terbagi ke dalam dua jenis. Yang pertama adalah proses pencernaan mekanik dan yang kedua adalah proses pencernaan kimiawi. Nah, kayak gimana prosesnya? Kita bahas yuuu

  • Proses Pencernaan Mekanik

Proses pencernaan mekanik adalah serangkaian proses pencernaan makanan yang cara kerjanya dilakukan dengan gerakan fisik seperti mengunyah, menelan, memompa, menghancurkan, serta meremas-remas makanan. Tujuannya yaitu untuk mengubah ukuran makanan agar menjadi lebih kecil atau halus.

  • Proses Pencernaan Kimiawi

Proses pencernaan kimiawi adalah serangkaian proses pencernaan makanan yang melibatkan enzim dalam prosesnya. Tujuannya adalah untuk mengubah partikel makanan yang sudah kecil menjadi sebuah bentuk yang dapat diserap oleh tubuh manusia.

Nah Sobat RBD, itulah sepintas tentang sistem pencernaan manusia, biar makin paham bagian-bagian yang berperan penting pada sistem pencernaan manusia bisa kalian baca di sini yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *