Sumber Data Kependudukan

Berdasarkan jenisnya sumber data kependudukan itu ada 3 macam yaitu sensus penduduk, survey penduduk, dan registrasi penduduk. Untuk sensus penduduk sudah kita bahas di artikel sebelumnya. Kalian bisa kunjungi di laman artikel ini ya Sumber Data Kependudukan. Nah, sekarang kita bahas mengenai survey penduduk dan registrasi penduduk yuk.

Survey Penduduk

Survey penduduk adalah metode pengumpulan data penduduk dengan cara pengambilan sampel dari suatu populasi, yang bertujuan mengetahui karakter objek tertentu. Ada beberapa survey yang biasanya dilakukan oleh Badan Pusat Statisik di Indonesia adalah :

1.Survey sosial dan ekonomi nasional, tujuannya mengetahui data tentang keadaan sosial dan ekonomi penduduk di Indonesia secara keseluruhan. Caranya adalah dengan mengambil sampe penelitian di wilayah-wilayah yang bisa mewakili karaktetistik penduduk Indonesia.

2.Survey Penduduk Antar-Sensus (SUPAS), tujuannya untuk mendapatkan angka jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan dan biasanya dijadikan bahan representasi jumlah penduduk Indonesia dalam waktu tertentu.

Jenis – jenis Survey Penduduk

1.Survey Bertahap Tunggal (single round surveys), adalah survey untuk menjaring data berbagai peristiwa demografi dengan cara mengajukan pertanyaan kepada responden terkait kejadian demografi pada periode tertentu.

2.Survey bertahap ganda (multiround surveys) dilakuka dengan cara kunjungan kepada responden secara berulang-ulang untuk mencatat berbagai peristiwa demografi dalam waktu tertentu. Bisa per tahun, perdua tahun dan seterusnya.

3.Survey bertipe kombinasi, dilakukan dengan cara menggambungkan cara survey tahap tunggal atau ganda dengan cara registrasi.

Registrasi Penduduk

Udah paham kan tentang survey penduduk tuh sepeti apa. Selanjutanya kita bahas yuk tentang registrasi penduduk. Jadi, registrasi penduduk adalah Kumpulan keterangan mengenai kejadian penting yang dialami oleh manusia, seoerti perkawinan, penceraian, kematian dan perpindahan penduduk. Dan nantinya catatan tersebut digunakan sebagai sumber data resmi dalam perhitungan semua peristiwa demografi.

Untuk cakupan data yang didapatkan pada registrasi penduduk tergantung kesadaran penduduk untuk melaporkan kejadian demografi tersebut. Biasanya di negara maju itu lebih displin dalam registrasi penduduk ini, berbeda halnya di Indonesia yang umumnya data yang diberikan kurang lengkap karena banyak peristiwa yang dilaporkan itu tidak rinci.

Nah, itu penjelasan mengenai Sumber Data Kependudukan. Biar makin seru belajarnya yuk gabung di Rumah Belajar Daniel. Kalian bisa belajar bareng tutor yang berpengalaman loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *