Tes Skolastik, Ini Manfaat yang Akan Kamu Rasakan!

Tes skolastik

Tes skolastik jadi salah satu subtes UTBK-SNBT 2023, selain literasi. Tes ini Sudah dikenal sejak lama menjadi tolok ukur untuk mengukur kemampuan kognitif melalui beberapa rangkaian ujian.

Skolastik sifatnya jangka panjang, lho! Artinya tidak hanya akan ditemui ketika UTBK-SNBT nanti, tetapi bisa jadi masih akan menemui ini pada saat rekrutmen kerja. Berikut apa saja manfaat tes skolastik yang akan kamu hadapi nanti pada seleksi SNBT?

Mengukur Tingkat Kecerdasan

Tes skolastik bisanya terdiri dari beberapa rangkaian subtes yaitu numerasi, bahasa, dan kognitif. Sub tes ini digunakan untuk mengukur tingkat kecerdasan intelektual sekaligus juga digunakan untuk mengetahui bakat dan kemampuan dalam bidang ilmu tertentu.

Manfaat Tes Skolastik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tes ini umumnya terdiri dari numerasi, bahasa, dan kognitif. Namun, untuk apakah masing-masing subtes tersebut?

  • Tes bahasa untuk mengukur kemampuan di bidang kata dan bahasa seperti sinonim, antonim, padanan kata, pengelompokan kata.
  • Tes angka untuk mengasah berpikir terstruktur dan logis matematis seperti aritmetik, seri angka, seri huruf, logika angka, dan tes angka dalam cerita.
  • Tes logika untuk mengukur kemampuan dalam penalaran dan pemecahan persoalan logis atau masuk akal seperti logika umum, analisa pernyataan dan kesimpulan, logika cerita dan tes logika diagram.

Mengetahui Kemampuan untuk Menghadapi Hal Baru

Tes skolastik selain untuk mengukur hal-hal yang bersifat teknis, ini juga mempunyai manfaat untuk mengetahui apakah kita siap atau tidak menghadapi hal baru. Ini karena dunia kuliah dengan sekolah sangat berbeda sehingga diperlukan suatu tes yang mengukur kesiapan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Nah itulah tiga manfaat yang nanti akan kamu hadapi. Meskipun keliatannya sepele, tetapi kemampuan mengerjakan tes ini tidak bisa dikebut dalam semalam, lho! Sehingga kamu mau tidak mau harus mulai belajar skolastik sejak jauh-jauh hari. Di RBDigital, kamu bisa mulai latihan tes skolastik lewat tryout-tryout rutin yang diadakan setiap bulan. Segera daftar tryout SNBT di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *