Seleksi PTN Berubah, Angkatan 2023 Ayo Simak!

Seleksi PTN Berubah, Angkatan 2023 Ayo Simak!

Perubahan kebijakan pendidikan menjadi keniscayaan yang harus dihadapi setiap tahun untuk menciptakan sistem yang adil dan menyeluruh. Melalui rilisnya, Kemendikbud RI baru saja mengumumkan perubahan seleksi PTN untuk tahun 2023 pada 7 September 2022. Perubahan itu disebut sebagai perubahan yang akan membawa wajah pendidikan yang lebih adil, inklusif, dan holistik. Apa saja perubahan itu? Simak penjelasan berikut!

Seleksi PTN Berdasarkan Prestasi

Sama seperti jalur SNMPTN, jalur seleksi berdasarkan prestasi ini masih menggunakan bobot nilai rapor sebagai syarat utama. Bedanya, untuk tahun selanjutnya penilaian bukan hanya melalui nilai rapor tetapi juga ada komponen penggali minat dan bakat. Mekanismenya meliputi minimal 50% nilai rapor keseluruhan dan maksimal 50% nilai penggali minat dan bakat.

Apa saja yang menjadi komponen nilai pendukung? Yaitu nilai maksimal dua mata pelajaran pendukung dan/atau prestasi dan/atau portofolio yang dikhususkan untuk prodi seni dan olahraga. Namun, komposisi penilaian sini bisa berbeda antar PTN ataupun antar prodi dalam PTN yang sama. Terus ikuti kabar terbaru dari PTN impian atau lembaga pendidikan terpercaya seperti rbdigital.id.

Seleksi PTN Berdasarkan Tes

Selain jalur prestasi, ada juga seleksi masuk berdasarkan tes atau yang lebih familiar didengar dengan istilah SBMPTN. Pada jalur masuk ini, calon mahasiswa diharuskan untuk mengisi berbagai rangkaian tes yang nantinya akan menjadi penentu murni masuk ke PTN impian. Namun berbeda dengan seleksi tes tahun sebelumnya, seleks jalur tes tahun berikutnya hanya akan mengujikan tes kemampuan skolastik.

Setidaknya akan ada empat subtopik tes yang harus dikerjakan, yaitu: tes potensi kognitif, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia, dan literasi bahasa Inggris. Kelihatannya mudah bukan? Eitsss jangan terlena dulu karena kemungkinan dengan tes ini akan memperketat persaingan antar peserta. Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan diri dengan lembaga bimbingan terpercaya seperti Rumah Belajar Daniel dan Rumah Belajar Digital.

Seleksi PTN Jalur Mandiri

Seleksi PTN jalur mandiri masih menjadi favorit bagi sebagian besar calon mahasiswa yang belum berhasil menembus jalur prestasi dan tes. Namun pada seleksi tahun selanjutnya, jalur ini akan dibuat lebih transparan. Hal itu membuat setiap PTN wajib untuk mengumumkan kuota, metode tes jalur mandiri, dan besaran biaya sebelum dimulainya tes. Pada seleksi jalur ini, masyarakat pun bisa berperan aktif untuk mengawasi seleksi PTN jalur mandiri apabila terdapat hal-hal yang mencurigakan.

Nah, itulah perubahan untuk tahun selanjutnya yang perlu diketahui. Tentu saja, transformasi seleksi PTN ini diharapkan akan membawa dampak positif untuk wajah pendidikan Indonesia. Apapun perubahannya, Rumah Belajar Daniel dan Rumah Belajar Digital akan selalu memberikan pendampingan yang sesuai. Simak terus blog rbdigital.id untuk info terbaru seputar seleksi PTN!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *