Tips Milih Jurusan untuk Gen Z

Tips memilih jurusan untuk Gen Z

Halo warga Gen Z yang lagi di fase milih jurusan? Milih jurusan yang sesuai sama diri sendiri itu susah-susah gampang gak sih, atau kamu lagi di fase gak tau jurusan yang sesuai dengan dirimu? Padahal jurusan kuliah itu salah satu langkah menuju masa depan loh, kalau kamu salah langkah maka kedepannya pun akan sulit untuk mengubah arah menuju pekerjaan impian. 

So, daripada nyesel karena salah milih jurusan, lebih baik ikuti langkah ini untuk tau jurusan yang cocok dan sesuai dengan kemampuanmu!

Kenali Diri 

Kenal sama diri salah satu faktor utama buat kamu tau jurusan yang tepat. kamu bisa coba ikut tes psikologi untuk kenal sama diri. salah satunya, kamu bisa tes minat karier di https://www.rbdigital.id/test-mnb biar tau pekerjaan yang sesuai sama kepribadian kamu. 

Kegiatan yang Kamu Sukai

Coba deh identifikasi kegiatan yang kamu sukai, apakah memungkinkan kegiatan yang kamu sukai itu menjadi pekerjaan yang akan kamu tekuni nantinya. contohnya kamu suka banget gambar, kamu bisa memilih jurusan yang membutuhkan keterampilan menggambar kayak DKV, Arsitektur, Desain Grafis, dan lainnya.

Mata Pelajaran Favorit

Kamu juga bisa memilih jurusan dari identifikasi diri di mata pelajaran favorit. Mata pelajaran yang menurut kamu bisa bikin kamu bahagia kalau ngerjain tugas atau belajar mata pelajaran tersebut, meskipun kadang sulit tapi kamu tetep seneng aja gitu. 

Kenali Mata Kuliah Jurusan 

Setelah kamu kenal sama diri, kamu perlu kenal juga sama jurusanmu. Mata kuliah jurusan ini bisa mendeskripsikan jurusan tersebut lebih dalam lagi. Kamu bisa tau mata kuliah yang akan dipelajari selama berkuliah.

Kenali Prospek Kerja Jurusan

Tentunya setelah berkuliah, impian mahasiswa pada umumnya adalah bekerja. Maka dari itu, kamu perlu pastikan terlebih dahulu prospek kerja jurusanmu. Jangan sampai setelah lulus kamu kaget karena pekerjaan impianmu ternyata tidak menerima lulusan dari jurusanmu. 

Konsultasikan dengan Orang Tua atau Guru

Setelah kamu mengetahui jurusan impianmu, jangan lupa untuk mengkonsultasikannya pada orang tua atau guru. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan sudut pandang serta pengalaman mereka yang lebih matang.

Planning Karier

Langkah terakhir dalam memilih jurusan adalah planning karier. Setelah kamu kenal dengan diri sendiri dan jurusan pilihanmu, kamu perlu membuat perencanaan menuju impianmu agar belajarmu terarah. Karena yang menginginkan jurusanmu bukan hanya kamu saja, maka perlu persiapan yang matang. 

itulah langkah yang dapat kamu ikuti untuk memilih jurusan yang tepat. persiapkan dari sekarang jangan sampai menyesal di kemudian hari. Kalau kamu mau tau lebih tentang jurusan terbaik buat kamu, yuk kepoin Rumah Belajar Digital!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *