Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota

Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota

Apakah kamu suka memperhatikan bangunan-bangunan? Terpikirkan desain dan perencanaan suatu wilayah? Mungkin bidang jurusan arsitektur dan perencanaan wilayah kota bisa jadi jurusan yang cocok untuk kamu, apa saja yah yang dipelajari di bidang jurusan ini? Cek artikel berikut ini!

Apa itu Bidang Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota?

Bidang jurusan arsitektur dan perencanaan wilayah kota merupakan bidang jurusan yang mempelajari desain, rancangan, penataan, dan realisasi pembangunan sebuah bangunan hingga skala besar pembangunan kota. Hal ini membuat bangunan yang dirancang tidak hanya indah saja tetapi juga harus sesuai dengan fungsi penggunaan lahan.

 Daftar Jurusan di Bidang Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota?

Nah, untuk jurusannya sendiri ada beberapa macam nih, seperti:

  1. Arsitektur: mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan. Di jurusan ini kamu bakal mendesain bangunan sesuai kebutuhan dan tentu saja dengan memperhatikan nilai fungsi, keindahan, dan keamanan.
  2. Pendidikan Teknik Arsitektur: mempelajari pengetahuan dan teknologi dalam bidang perencanaan dan perancangan arsitektur, serta memiliki kualifikasi yang memadai dalam pengalaman nyata. 
  3. Pembangunan Wilayah: Kamu akan mempelajari tentang proses pembangunan wilayah suatu daerah.
  4. Perencanaan Wilayah dan Kota: Jurusan ini mempelajari dasar-dasar perencanaan, morfologi kota, perpetaan, struktur tanah, transportasi, serta desain.

Keuntungan Kuliah di Bidang Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota?

Keuntungan dari memilih bidang jurusan arsitektur dan perencanaan wilayah kota termasuk beragam. Contohnya, 

  1. Memiliki peluang karir yang besar, karena mulai dari bidang konstruksi, pemetaan, desain rumah maupun gedung perkantoran, hingga rancang bangun membutuhkan ahli perencanaan tata ruang dan tata wilayah.
  2. Kamu juga bisa mengeksplorasi kemampuanmu dengan terjun ke sektor bisnis, salah satunya bisnis properti karena kamu sudah dibekali ilmu untuk mengetahui value properti yang akan dijual. Pernah mendengar istilah Real Estate? Dengan bidang studi arsitek dan perencanaan wilayah kota, kamu bisa banget kerja dibidang itu lho. Biasanya bagian perencanaan bertanggung jawab membeli lahan/properti tertentu yg dianggap berpotensi, selanjutnya dia akan melakukan investasi untuk menaikkan harga jual real estate itu. 

Bagaimana dengan Prospek Kerja Bidang Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota?

Sedangkan untuk prospek kerja bidang jurusan arsitektur dan perencanaan wilayah kota mempunyai prospek yang bagus. Hampir semua perusahaan properti dan konstruksi pasti menggunakan jasa arsitek. Tren properti yang masih melaju kencang menunjukkan bahwa kebutuhan terhadap tenaga arsitek di masa sekarang  masih sangat tinggi. Berikut prospek kerja di bidang jurusan ini:

  1. Kamu bisa membuka Kantor Konsultan Arsitek mandiri kemudian memainkan beberapa peran seperti Arsitek, Cost estimator, Construction documentary, Building controller, dan lainnya.
  2. Kamu punya kesempatan untuk berkarir di instansi pemerintah seperti KP3EI, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, maupun Bappenas.
  3. Memiliki peluang karir yang besar, karena mulai dari bidang konstruksi, pemetaan, hingga rancang bangun membutuhkan ahli perencanaan tata ruang dan tata wilayah.

Bidang jurusan arsitek dan perencanaan wilayah kota disaat ini merupakan salah satu jurusan yang banyak peminatnya. Jadi tunggu apalagi? Jangan ragu untuk memilih bidang studi ini karna RBD siap membantumu, lolos ke PTN yang kamu mau!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *