JURUSAN HUBUNGAN INTERNASIONAL, GERBANG MENUJU DUNIA

JURUSAN HUBUNGAN INTERNASIONAL

Ada yang berbeda dari Sidang Umum PBB ke-76, yaitu BTS hadir dan berpidato sebagai perwakilan dari negara Korea Selatan. Tidak hanya orang terkenal saja yang bisa berkesempatan bergabung dalam Sidang Umum PBB, kamu juga bisa. Jurusan hubungan internasional bisa jadi jalur kamu mendapat kesempatan seperti BTS di Sidang Umum PBB. Kenali lebih dalam jurusan ini yuk!

Jurusan hubungan internasional adalah jurusan yang mempelajari bagaimana hubungan interaksi, relasi dan komunikasi dalam ruang lingkup dunia. Tidak hanya berkaitan dengan hubungan diplomasi, namun juga mengkaji berbagai isu internasional, seperti perdagangan dunia, masalah lingkungan alam secara global, serta keamanan dan pertahanan antarnegara. Beberapa kajian materi yang muncul dan dipelajari dalam jurusan ini antara lain, politik luar negeri, perdagangan internasional, hukum internasional, globalisasi, dan lain sebagainya. 

Kuliah di jurusan hubungan internasional tidak harus sudah menguasai bermacam bahasa asing, justru kamu akan mempelajari banyak bahasa asing di jurusan ini. Hal itu merupakan salah satu keuntungan besar berkuliah di jurusan ini. Selain itu, ada banyak keuntungan lain dari berkuliah di jurusan HI, di antaranya kamu akan memiliki kemampuan negosiasi, persuasi dan problem solving tingkat internasional. Peluang bergabung dengan lembaga internasional yang tinggi dan juga menjadi prioritas Kementerian Luar Negeri dalam memilih calon diplomat. 

Walaupun selama berkuliah di jurusan hubungan internasional kamu bakal dibentuk untuk menjadi seorang duta besar atau diplomat suatu negara, tetapi lulusan jurusan HI tidak hanya bekerja dibidang itu saja, ada banyak prospek pekerjaan lain yang bisa didapatkan oleh seorang lulusan HI, seperti pegawai negeri sipil, pegawai perusahaan multinasional, pegawai organisasi internasional, peneliti di bidang kajian internasional, konsultan kerja sama internasional, dan dosen ilmu hubungan internasional

Ingin lolos PTN dengan Jurusan Hubungan Internasional? RBD siap membantumu!

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di mana pun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *