Jurusan Kehutanan: Pengertian dan Daftar Universitas

Jurusan Kehutanan

Kamu punya ketertarikan dengan alam? Atau bahkan dengan hutan dan komponen-komponen di dalamnya? Mungkin kamu bisa coba memasuki bidang kehutanan. Apa yah bidang jurusan kehutanan itu? Yuk cari tahu bersama!

Apa itu bidang jurusan Kehutanan?

Bidang jurusan kehutanan berkaitan erat dengan lingkungan, terutama dengan ekosistem hutan. Di dalamnya kamu bisa mempelajari fungsi dan penggunaan dari ekosistem hutan seperti, keanekaragaman hayati, konservasi lingkungan, teknologi kehutanan, hukum penebangan hutan, dan lainnya. 

Daftar jurusan di bidang Kehutanan?

Bidang kehutanan ini terdiri dari beberapa jurusan, yaitu Konservasi Sumber daya Hutan dan Ekowisata, Kehutanan, dan juga jurusan Silvikultur.

  1. Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata: Kamu akan difokuskan pada pembelajaran tentang penyelamatan, perlindungan, pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hutan.
  2. Kehutanan: Kamu akan mempelajari segala sesuatu tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengolahan dan manajemen hasil hutan itu sendiri. 
  3. Silvikultur: kamu akan berfokus pada perawatan tegakan hutan untuk menjamin produktivitas dan manfaat sumber daya hutan untuk kesejahteraan masyarakat.

Keuntungan kuliah di bidang jurusan Kehutanan?

Bagi kamu yang mencintai alam, terutama ekosistem hutan, jurusan ini bisa memberikan keuntungan yang berlipat lagi. Selain menambah wawasan di bidang kehutanan dan segala seluk beluknya, kamu juga bisa memiliki wadah untuk berkontribusi dalam pelestarian hutan. Jurusan ini juga cocok banget untuk kamu yang punya jiwa berpetualang, karena dalam metode pembelajarannya mahasiswa bidang jurusan ini nanti akan banyak turun ke lapangan. Sambil belajar di perkuliahan, kamu juga bisa menikmati alam dan seisinya. Seru, kan?

Prospek kerja di bidang Kehutanan?

Prospek bagi kamu yang berminat belajar di jurusan Kehutanan ini diantaranya sebagai berikut. 

  1. Perusahaan di industri kehutanan membutuhkanmu sebagai ahli bibit tanaman hutan.
  2. Kamu bisa bekerja di sektor swasta, misalnya di biro konsultan kehutanan, lembaga penelitian, hutan tanaman industri, pemetaan hutan, industri kehutanan, industri perkayuan, dan badan-badan konservasi hutan.
  3. Jika ingin berwirausaha, kamu bisa menjadi pengusaha yang mengolah hasil hutan. 
  4. Kamu yang berminat dengan perlindungan dan pemanfaatan hutan bisa berkesempatan untuk bergabung dengan CIFOR, World Wildlife Fund, Wildlife Conservation Society, dan sebagainya.
  5. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Pendidikan tentunya terbuka untuk lulusan di bidang ini. 

Gimana sudah mulai tertarik dengan jurusan kehutanan ini? apa lagi indonesia terbentang luas dengan sumber daya kehutanan membutuhkan kamu sebagai penerus perkembangan kehutanan di indonesia maka dari itu RBD hadir dan siap membantu mu lolos PTN dengan Jurusan Kehutanan !

Untuk kamu yang berada di Bandung, kamu bisa memilih Bimbingan Belajar Blended Learning di mana kamu bisa belajar secara Onsite (tatap muka) yang terjamin protokol kesehatannya dan juga Online Learning yang interaktif. Tapi untuk kamu hanya ingin bimbingan belajar Online saja, bisa memilih Bimbingan Belajar Online Learning, program ini juga bisa diikuti bagi kamu yang berada di luar Bandung loh. 

Jadi di manapun kamu berada, RBD siap menemani kamu hingga Lolos PTN 2022.

Simak terus Blog RBDigital untuk mendapatkan info jurusan lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *