Klasifikasi Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu berasal dari alam yang dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup. Termasuk yang kalian makan sehari-hari, atau pakaian yang kalian pakai juga berasal dari alam. Nah, udah paham kan maksud dari sumber daya alam itu kaya gimana. Sekarang kita bahas yuk apa saja klasifikasi Sumber Daya Alam ini.

Berdasarkan Asalnya

Kalo dilihat dari asalnya dibagi menjadi dua jenis yaitu :

Sumber daya alam hayati (abiotik) adalah sumber daya alam yang berwujud benda-benda mati. Contohnya tanah, air, bahan tambang dan kincir angin. Sedangkan sumber daya alam hayati (biotik) itu yang berwujud makhluk hidup seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, mikroba dan manusia. Adapun sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan dinamakan nabati dan sumber daya alam yang berasal dari hewan dinamakan hewani.

Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya dibagi menjadi dua jenis yaitu :

Sumber daya alam melimpah (inexhaustible) berarti sumber daya yang tidak akan habis meskipun sudah digunakan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Misalnya adalah air, tanah, udara, dan sinar matahari.

Sumber daya alam terbatas (exhaustible) artinya sumber daya ini akan habis apabila digunakan secara terus-menerus karena jumlahnya bersifat terbatas. Misalnya adalah minyak bumi, batu bara, dan gas.

Berdasarkan Kelestariannya

Sedangkan berdasarkan kelestariannya ada dua jenis :

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup dan mengalami siklus. Seperti sumber daya alam hayati contohnya hewan, tumbuhan dan air karena mengalami siklus hidrologi yang tidak akan pernah habis. 

Yang kedua, sumber daya alam tidak diperbarui adalah sumber daya yang akan habis jika dipakai terus-menerus karena tidak bisa dibuat baru. Contohnya bahan bakar baik minyak bumi atau gas alam.

Berdasarkan Potensinya

Terakhir sumber daya alam berdasarkan potensinya yaitu :

Yang pertama, sumber daya alam materi yaitu sumber daya alam yang dimanfaatkan dari bentuk fisiknya. Seperti besi, kayu, emas dan serat kapas.

Kedua, sumber daya alam energi adalah sumber yang dimanfaatkan potensinya untuk energi. Contohnya adalah sinar matahari, air terjun dan minyak bumi.

Dan yang ketiga, sumber daya alam ruang adalah jenis sumber daya alam yang digunakan untuk tempat makhluk hidup. Contohnya tanah dan lahan.

Nah, itu penjelasan mengenai klasifikasi sumber daya alam. Biar makin seru belajarnya yuk gabung di Rumah Belajar Daniel. Kalian bisa belajar bareng tutor yang berpengalaman loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *