Mekanisme Pernapasan Manusia

Halo Sobat RBD, di artikel sebelumnya kalian udah ngebahas tentang organ dan sistem pernapasan pada manusia. Nah, di artikel ini kita lanjutin ke mekanisme pernapasan manusia ya. Manusia memiliki dua mekanisme pernapasan, yaitu pernapasan dada dan juga pernapasan perut.

Mekanisme pernapasan
Mekanisme pernapasan pada manusia (Sumber: Alamy.coom)

1. Mekanisme Pernapasan Dada

Ketika kita bernapas menggunakan pernapasan dada, otot yang berperan adalah otot-otot di sekitar tulang rusuk. Otot-otot ini dibagi menjadi dua, yaitu otot antar tulang rusuk luar dan otot antar tulang rusuk dalam. Otot  tulang rusuk luar memiliki peran untuk mengangkat tulang-tulang rusuk. Sedangkan otot tulang rusuk dalam memiliki fungsi untuk menurunkan tulang rusuk ke posisi normal.

Jika otot-otot pada tulang rusuk luar mengalami kontraksi, tulang rusuk akan terangkat sehingga volume rongga dada menjadi lebih besar. Hal ini akan menyebabkan tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih kecil. Karena tekanan udara di dalam rongga dada mengecil, akan menyebabkan aliran udara masuk dari luar ke dalam tubuh. Proses ini disebut dengan inspirasi.

Apabila otot antar tulang rusuk dalam berkontraksi, maka tulang rusuk kembali ke posisi semula, hal ini menyebabkan tekanan udara di dalam paru-paru menjadi bertambah, akibatnya udara di dalam paru-paru tertekan sehingga aliran udara akan terdorong ke luar tubuh. Proses ini disebut ekspirasi.

Untuk memudahkan kalian memahami kedua proses di atas, coba perhatikan tabel mekanisme pernapasan dada di bawah ini!

INSPIRASIEKSPIRASI
Otot antar tulang rusuk luar kontraksiOtot antar tulang rusuk dalam kontraksi
Tulang rusuk terangkatTulang rusuk menurun
Volume rongga dada membesarVolume rongga dada mengecil
Tekanan udara mengecilTekanan udara membesar
O2 MasukCO2 Keluar

2. Pernapasan Perut

Pernapasan perut adalah pernapasan yang menggunakan diafragma, yaitu suatu sekat yang memisahkan rongga dada dan perut. Ketika otot diafragma berkontraksi maka posisinya menjadi datar. Hal ini menyebabkan volume rongga dada bertambah besar, paru-paru mengembang, dan tekanan udara di dalam paru-paru menjadi rendah. Hal ini menyebabkan masuknya udara ke paru-paru atau disebut proses inspirasi.

Sedangkan proses ekspirasi pernapasan perut terjadi jika otot diafragma menjadi rileks dan otot yang ada di dinding perut menjadi kontraksi. Hal ini akan menyebabkan bagian dalam rongga perut menjadi terdesak ke arah diafragma. Sehingga hal tersebut menyebabkan posisi diafragma menjadi cekung ke arah rongga dada.

Pernapasan perut akan mendorong pertukaran oksigen lebih maksimal dibanding pernapasan dada. Hal ini menyebabkan pernapasan perut memperlambat detak jantung dan bisa menurunkan tekanan darah.

INSPIRASIEKSPIRASI
Otot diafragma kontraksiOtot diafragma relaksasi
Diafragma datarDiafragma cekung kearah rongga dada
Volume rongga dada membesarVolume rongga dada mengecil
Tekanan udara mengecilTekanan udara membesar
O2 MasukCO2 Keluar

Nah, sekarang kalian udah bisa bedain mekanisme pernapasan yang terjadi di dalam tubuh manusia. Kalo kalian pengen tau tentang kelainan dan gangguan yang terjadi dalam proses pernapasan manusia, bisa kalian cek di sini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *