Apakah Bisa Seleksi Mandiri Jalur KIP-K?

seleksi mandiri jalur KIP-K

Seleksi mandiri jadi gerbang terakhir banget buat kamu yang mau masuk PTN. Dengan jatah kuota yang lebih banyak daripada dua seleksi sebelumnya, menjadikan seleksi mandiri masih banyak diminati sama para pejuang PTN. Namun, satu hal yang mungkin jadi halangan buat para pejuang PTN adalah biasanya seleksi mandiri pembiayaannya lebih mahal. Terus bisa gak sih seleksi mandiri jalur KIP-K? Yuk kita bahas!

Sekilas Tentang KIP-K

Seperti yang kita tau, pembiayaan selama perkuliahan gak bisa dibilang murah. Makannya, jaman dulu cuman orang-orang tertentu aja yang bisa ngelanjutin kuliah. Nah tapi untungnya, sejak 2011 pemerintah meluncurkan program beasiswa bagi para calon mahasiswa yang kurang mampu. Dulu namanya Bidik Misi, sekarang namanya KIP-K. Pastinya dengan program ini, kamu yang mungkin kurang mampu akhirnya punya kesempatan yang sama buat menempuh jenjang kuliah.

Apakah Bisa Seleksi Mandiri Pake KIP-K?

Banyak yang nanya, kira-kira bisa gak sih seleksi mandiri pake KIP-K? Mengingat komposisi pembiayaan yang pastinya jauh lebih tinggi daripada dua jalur lainnya. It seems impossible, right? Tenang gaes, nyatanya bisa lho seleksi mandiri jalur KIP-K. Yang perlu dicatat, kalau SNBP sama SNBT bisa di semua PTN Indonesia, seleksi mandiri jalur KIP-K ini cuman beberapa PTN aja yang bisa.

Daftar PT yang Bisa Pakai KIP-K

Berikut beberapa PTN ternama yang buka seleksi mandiri pake KIP-K

  • Universitas Airlangga
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Padjajaran
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Indonesia

Gimana? Pastinya ini jadi angin segar buat kamu bukan? Untuk info lebih lengkap tentang jadwal dan persyaratannya, kamu bisa langsung menuju website masing-masing PTN incaran kamu yaa. Jangan ragu buat persiapan seleksi mandiri terbaik bareng P-MAN, bimbel persiapan mandiri yang menyesuaikan dengan materi PTN pilihan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *