5 Jurusan dengan Tingkat Keketatan Tinggi di ITB

5 jurusan dengan tingkat keketatan tertinggi di ITB

Halo Sobat RBD, gimana udah deg degan belum mau menyongsong perhelatan akbar penerimaan mahasiswa baru se-Indonesia? Emang banyak banget yang jadi variabel kesuksesan kamu buat ke PTN Impian. Selain belajar sungguh-sungguh, kamu juga perlu mempertimbangkan tingkat keketatan dari PTN yang kamu tuju. Yuk kita bahas kenapa tingkat keketatan ini penting dan 5 jurusan dengan tingkat keketatan tinggi di ITB!

Kenapa Harus Tau Tingkat Keketatan?

Tingkat keketatan ini berguna buat kamu ngukur sejauh mana tingkat kelolosan dan effort yang perlu kamu keluarkan buat dapetin jurusan yang kamu mau. Biasanya makin besar angka tingkat keketatan maka peluang kamu diterima di jurusan tersebut semakin tinggi. Begitu juga sebaliknya, semakin kecil angka tingkat keketatan, semakin kecil juga peluang kamu keterima di jurusan tersebut. Terus gimana cara mencari tingkat keketatan? Kita bahas di artikel ini ya!

5 Jurusan dengan Tingkat Keketatan Tinggi di ITB

Berdasarkan peminat berbagai jalur ke ITB dan dibandingkan dengan kuota keterimanya, maka kamu perlu effort lebih buat ke jurusan ini!

1.Sekolah Bisnis dan Manajemen

Sekolah yang mencetak para pebisnis di segala lini ini ternyata punya tingkat keketatan yang lumayan lho! Dari sekian banyaknya peminat di berbagai jalur, jurusan ini hanya menerima dari SNBP sebanyak 83 orang, SNBT 79 orang, dan SM 89 orang. Tingkat keketatan SBM ini <5%.

2. Sekolah Teknik Elektro&Informatika – Komputasi

Sama seperti jurusan SBM, STEI ini memiliki tingkat keketatan yang tinggi yaitu sekitar <5% dengan komposisi pada 2023 yang diterima di jurusan ini ada 133 orang dari SNBP, 103 SNBT, dan 107 untuk jalur SM.

3. Sekolah Farmasi

Buat kamu yang tertarik dengan hal-hal yang berbau kimia, SF ini punya tingkat keketatan 5-10% dengan daya tampung pada 2023 sebanyak 66 orang dari SNBP, 57 dari SNBT, dan 35 dari jalur seleksi mandiri.

4. Fakultas Teknologi Industri – Kampus Jatinangor

Ada 3 kampus yang bisa kamu pilih kalau mau belajar di sini, salah satu dengan tingkat keketatan yang tinggi adalah FTI kampus Jatinangor. Tingkat keketatan untuk masuk jurusan ini adalah 5-10% dengan pada 2023 kuota jalur SNBP 60 orang, SNBT 38 orang, dan SM 23 orang.

5. Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) – Kampus Ganesha

Mau tau gak berapa tingkat keketatannya? Yaps yaitu 5-10% aja alias cukup ketat buat bisa masuk ke jurusan ini. Pada 2023 jumlah orang yang masuk ada 81 orang dari jalur SNBP, 63 orang dari jalur SNBT, dan 45 orang dari jalur SM.

Nah Sobat RBD, sekarang kamu udah tau tingkat keketatan jurusan kece ini di ITB, udah siap for the battle? Yuk persiapan yang terbaik bareng Rumah Belajar Digital yang ada kelas buat kamu kelas 12 dan gap year dengan fasilitas dan program-program yang pastinya tepat sasaran! Cari tau juga cara dapetin skor tinggi buat UTBK di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *