Cara Verval NISN, Sebelum Daftar Akun SNPMB

Cara Verval NISN

Halo Sobat RBD, gak kerasa ya bentar lagi udah mau pendaftaran buat ikutan SNBP sama SNBT! Nah tapi, buat ngikutin kedua perhelatan akbar calon mahasiswa Indonesia itu kamu harus punya yang namanya akun SNPMB.

Salah satu kunci paling utama biar akun SNPMBnya bisa jadi yaitu pastikan bahwa NISN kamu udah bener! Tentang ini, yuk kita bahas lengkap di bawah!

Apa Itu NISN?

NISN adalah nomor induk siswa nasional yang bersifat unik sebagai alat identifikasi setiap siswa yang mengenyam pendidikan dasar–atas. Nomor ini terdiri dari 10 angka yang bakal berlaku seumur hidup. Oleh karena itu, posisi NISN sangat penting buat kamu sehingga data-data yang tertera harus 100% benar dan nantinya jadi salah satu yang menentukan kamu bisa buat akun SNPMB atau gak.

Cara Cek Nomor Induk Siswa Nasional

Satu hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan membuat akun SNPMB adalah status NISNmu aktif atau gak. Cara ceknya gampang banget nih, kamu tinggal klik di sini terus masukan nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu; kemudian centang verifikasi dan klik cari data. Di situ kamu akan menemukan data kamu yang tercatat dan pastikan datanya sudah benar.

Buat kamu yang gap year, ketika kamu lulus status NISN otomatis tidak aktif, kecuali buat kamu yang memutuskan kuliah di PTS, maka status NISN kamu harusnya aktif. Verval NISN khusus lulusan SMA/SMK/MA bisa kamu lakukan di sini. Ketika verval, kamu bisa memperbaiki data yang kamu rasa gak sesuai dan jangan lupa untuk meyiapkan pindaian ijazah ya!

Biar Gak Pusing…

Biar kamu gak pusing sama status NISN kamu, ikuti panduan berikut!

List status NISN yang benar
  • status aktif menunjukan bahwa kamu masih aktif sebagai pelajar di satuan pendidikan;
  • status tidak aktif menunjukan bahwa kamu tidak menjadi pelajar di satuan pendidikan;
  • Apabila data tidak ditemukan atau terdapat data yang tidak sesuai, kamu bisa ajukan verifikasi dan validasi NISN;
  • verval dapat dilakukan secara mandiri (bagi yang sudah lulus) atau melalui operator sekolah.

Buat Apa Aja NISN?

Seperti yang udah kita bahas di atas, NISN berguna buat daftar akun SNPMB, tapi selain itu buat apa aja sih? Berikut gunanya nomor unik ini!

  • Daftar jalur SNBP
  • Daftar jalur SNBT
  • Daftar jalur seleksi mandiri
  • Daftar politeknik
  • Daftar kedinasan
  • Daftar KIP kuliah

Maka dari itu, kamu harus benar-benar pastikan bahwa NISN kamu telah terdaftar, tidak terdeteksi ganda, sesuai dengan ijazah (khusus gap year), dan data diri sesuai.

Nah Sobat RBD, sekarang kamu udah tau tentang betapa pentingnya “nomor suci” ini buat mulusin langkah kamu ke jenjang perguruan tinggi! Jangan sampe kelewat waktu buat verval ya karena verval itu butuh waktu beberapa hari dan ada batasnya! Good luck banget buat kamu kelas 12 dan pejuang gap year yang mau bertempur rebutin kursi PTN Impian! Baca artikel tentang PTN lainny di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *