Jaringan Sekretori Tumbuhan

Jaringan sekretori adalah sekumpulan sel yang berfungsi menghasilkan suatu zat yang disebut juga kelenjar internal karena senyawa yang dihasilkan tidak keluar dari tubuh. 

Macam Jaringan Sekretori

Berdasarkan tempat penyimpanan materi yang akan disekresikan, jaringan sekretori dibedakan menjadi 2 macam. 

A. Sekresi Intraseluler

Merupakan sekresi yang terjadi jika zat yang akan disekresikan disimpan di dalam sel. Meliputi sel kelenjar atau idioblas. Idioblas adalah sel yang terspesialisasi untuk menyimpan metabolit. Contoh idioblas antara lain adalah sebagai berikut.

1. Sel Lendir

Sel lendir merupakan sel hidup dengan inti sel berbentuk benang dan memiliki lendir yang dihasilkan oleh dinding sel. Contohnya, sel lendir pada kaktus (Matucana grandiflora). Lendir yang berupa senyawa karbohidrat akan mengikat air sehingga dapat digunakan mencegah terjadinya penguapan yang berlebihan

Sel lendir (Sumber: 4.bp.blogspot.com)

2. Sel Minyak

Sel minyak merupakan sel yang memproduksi dan menyimpan minyak eteris. Contohnya, sel minyak pada daun Magnolia, biji jarak, dan kulit kayu manis. 

Sel minyak pada daun Magnolia (Sumber: 2.bp.blogspot.com)

3. Latisifer

Latisifer merupakan sel atau sekelompok sel yang menghasilkan lateks, ditemukan pada sejumlah besar jenis tumbuhan.

jaringan sekretori latisifer
Laticifer (Sumber: 3.bp.blogspot.com)

4. Sel Penyamak

Sel penyamak merupakan sel tunggal atau kelompok sel yang menghasilkan zat penyamak. Contohnya, sel penyamak pada tumbuhan pinang, gambir, atau ketapang. 

5. Sel Mirosin

Sel mirosin merupakan sel yang bentuknya seperti bulu-bulu dan berisi senyawa protein mirosin serta terdapat pada tanaman sawi dan kol.

B. Sekresi Ekstraseluler

Sekresi ekstraseluler adalah sekresi yang terjadi jika zat yang akan disekresikan disimpan di luar sel. Ada dua macam sekresi ekstraseluler, yaitu sekresi endogen dan sekresi eksogen. 

1. Sekresi Endogen

Sekresi endogen merupakan sekresi yang terjadi jika zat yang disekresikan disimpan di ruang antarsel. Meliputi saluran getah dan saluran kelenjar. 

2. Sekresi Eksogen

Sekresi eksogen materi disekresikan keluar dari tumbuhan dan terjadi dalam berbagai struktur sekretori epidermal.

Senyawa yang Dihasilkan oleh Jaringan Sekretori

A. Senyawa Rekresi pada Jaringan Sekretori

Merupakan senyawa yang belum masuk metabolisme tubuh. Dihasilkan oleh hidatoda dan kelenjar garam.

1. Hidatoda (Kelenjar Air)

Hidatoda adalah kelenjar yang berfungsi untuk menyekresikan air secara gutasi. Epitem adalah jaringan aerenkim pada bagian ujung jaringan pembuluh yang bertugas untuk menyerap mineral/nutrisi dari jaringan xilem menuju sel-sel pada daun. Kelebihan air disimpan di ruang antar sel, akumulasi air menyebabkan tekanan dan mendorong air keluar melalui stomata yang disebut dengan gutasi.

2. Kelenjar Garam

Berfungsi mengurangi kadar garam dalam tubuh tumbuhan, terdiri dari satu sel dan beberapa sel yang besar pada sel basal yang mengalami penebalan dinding, contohnya pada pita kaspari dan sel kecil pada terminal yang berupa pori-pori.

B. Senyawa Sekresi pada Jaringan Sekretori

Merupakan senyawa yang masih digunakan tubuh dalam proses metabolisme. Dihasilkan oleh sel kelenjar, ruang kelenjar, dan saluran getah.

1. Sel Kelenjar

Umumnya terdiferensiasi dari sel parenkim dan mempunyai kandungan bermacam-macam seperti balsam, resin, minyak, dan tanin. Sering tampak sebagai alat khusus yang berbeda dengan sel tetangga sehingga disebut idioblas. 

2. Ruang Kelenjar

Senyawa yang dihasikan dari ruang kelenjar adalah minyak atsiri, lendir, dan getah.

3. Saluran Getah

Merupakan sel-sel yang saling berhubungan dan mengandung cairan disebut getah atau lateks dan membentuk sistem yang menerobos berbagai jaringan tubuh tumbuhan.

C. Senyawa Ekskresi pada Jaringan Sekretori

Senyawa sisa hasil metabolisme dihasilkan oleh rambut kelenjar, osmofora, dan kelenjar madu.

1. Rambut Kelenjar atau Trikoma

  • sel-selnya berasal dari sel epidermis;
  • di dalam sel nya terdapat cairan khusus atau substansi seperti air, madu, kristal, dan lainnya;
  • strukturnya mempunyai tangkai dan kepala;
  • terdiri atas beberapa deretan sel.

2. Osmofora

Osmofor berasal dari bahasa latin yang berarti bau dan pembawa. Keharuman dari bunga biasanya dihasilkan dari substansi yang mudah menguap terutama minyak atsiri yang terdapat pada kelenjar khusus yang disebut osmofor.

3. Kelenjar Madu

Merupakan struktur sekresi luar yang menghasilkan cairan gula. Kelenjar madu yang terdapat pada organ generatif dikenal dengan istilah nektariafloral. Kelenjar madu yang terdapat pada organ vegetatif disebut Nektaria ekstrafloral.

Menarik banget bukan pembahasan tentang sekretori tumbuhan ini? Mau baca artikel lain tentang tumbuhan? Klik di sini ya! Yuk kepoin Rumah Belajar Digital buat program bimbel seru SMP-SMA-Gap Year!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *