Cerita Fantasi

Halo Sobat RBD, saat kalian membaca cerita, seperti novel atau cerpen, genre apa yang jadi favoritmu? Apakah kamu suka cerita romance, horor, action, atau fantasi? Nah, kali ini kita akan membahas tentang teks cerita fantasi yang berisi imajinasi penulis dalam ceritanya. Seperti apa sih teks cerita fantasi itu?

Teks cerita fantasi adalah teks berisi kisah yang didasarkan pada imajinasi penulis, segala sesuatu yang diceritakan di dalamnya tidak terjadi di dunia nyata. Bahkan, imajinasi penulis ini bisa jadi tidak masuk akal.

Salah satu contoh teks cerita fantasi yang sangat populer adalah novel Harry Potter karya J. K. Rowling. Novel yang terdiri atas tujuh seri ini berkisah tentang petualangan seorang penyihir remaja bernama Harry Potter bersama dua sahabatnya, yaitu Ronald Weasley dan Hermione Granger yang merupakan pelajar di Sekolah Sihir Hogwarts. Mereka bertiga berjuang untuk menaklukkan penyihir jahat, yaitu Lord Voldemort. Kisah ini tentunya hanya khayalan penulis belaka, tetapi dikemas dengan begitu apik sehingga membuat pembacanya ikut terhanyut dalam cerita.

A. Struktur Cerita Fantasi

Cerita ini memiliki struktur yang khas, yaitu orientasi, konflik, resolusi, dan ending atau penutup.

1. Orientasi

Pada bagian orientasi, pembaca akan menemukan sebuah cerita berupa pengenalan yang dimulai dari tema, tokoh, dan alur. Beberapa penulis akan menceritakan karakter tokoh di bagian orientasi.

2. Konflik

Struktur konflik merupakan bagian dari cerita yang memunculkan suatu permasalahan. Permasalahan yang muncul ini merupakan inti dari jalannya cerita. Dengan munculnya konflik, karakter tokoh dalam cerita akan lebih ditunjukkan kepada pembaca.

3. Resolusi

Resolusi menceritakan tentang jalan keluar dari permasalahan yang ada. Pada bagian ini, konflik akan mulai mereda sehingga pembaca mulai bertanya-tanya bagian akhir cerita seperti apa.

4. Ending

Pada bagian akhir cerita, biasanya ada yang berakhir dengan bahagia dan ada juga yang berakhir dengan kesedihan. Pembaca akan selalu menunggu bagian akhir cerita yang ditulis oleh pengarang walau kadang-kadang ujungnya menggantung.

B. Unsur-Unsur Teks Cerita Fantasi

Terdapat beberapa unsur yang dapat ditemukan pada setiap teks cerita fantasi, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengandung keajaiban, keanehan, dan kemisteriusan

Umumnya, pada teks ini ditemukan unsur keajaiban, keanehan, kemisteriusan, ataupun hal-hal lainnya yang bersifat gaib atau tidak nyata serta tidak masuk akal. Misalnya, singa yang dapat berbicara, tongkat sihir dan mantra, juga makhluk mitologi, seperti centaurus dan phoenix.

2. Menggunakan berbagai latar (lintas ruang dan waktu)

Cerita fantasi umumnya akan menggunakan berbagai macam latar, bahkan hingga melintasi ruang dan waktu. Misalnya, latar ruang angkasa, kerajaan bawah laut, atau dunia multiverse.

3. Tokoh yang unik

Tokoh dalam cerita ini biasanya memiliki keunikan, seperti memiliki kesaktian, superpower, atau bahkan kekuatan sihir. Beberapa ada yang memiliki kemampuan untuk menjelajahi ruang dan waktu, berubah ke wujud selain manusia, dan lain sebagainya.

4. Bersifat fiksi

Teks ini tergolong dalam teks yang bersifat fiksi atau merupakan karangan penulis dan tidak terjadi di dunia nyata.

C. Jenis-Jenis Cerita Fantasi

Cerita fantasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu berdasarkan kesesuaian dalam kehidupan nyata dan cerita fantasi latar cerita. Bagaimana perbedaannya? Yuu, simak penjelasan berikut:

1. Berdasarkan Kesesuaian Dalam Kehidupan Nyata 

Jenis cerita fantasi berdasarkan kesesuaian dalam kehidupan nyata dibagi menjadi dua bagian, yaitu cerita fantasi total dan cerita fantasi irisan.

a. Cerita fantasi total

Merupakan cerita tentang objek tertentu dan kisah di dalamnya tidak terjadi di dalam kehidupan yang nyata.

b. Cerita fantasi irisan

Merupakan cerita yang berisi tentang dunia imajinasi di mana nama-nama tempat dan peristiwa yang diceritakan masih ada di dunia nyata.

2. Berdasarkan Latar Cerita Fantasi

Jenis cerita fantasi berdasarkan latar cerita dibagi menjadi dua bagian, yaitu cerita fantasi latar sezaman dan cerita fantasi lintas waktu.

a. Cerita fantasi sezaman

Cerita fantasi sezaman adalah cerita yang hanya memakai satu jenis latar waktu. Misalnya, menggunakan latar masa kini, menggunakan masa lampau, dan menggunakan masa yang akan ada datang.

b. Cerita fantasi lintas waktu

Cerita fantasi lintas waktu adalah cerita yang di dalamnya terdapat dua latar waktu yang berbeda. Misalnya, pengarang menggunakan masa lampau, masa kini, dan masa depan dalam satu cerita.

D. Contoh Cerita Fantasi

Legenda Danau Toba

Dongeng fantasi terkenal berikut dikutip dari buku Koleksi Terbaik Cerita Rakyat Nusantara, penerbit Cerdas Interaktif (2017).

Bagian 1

Zaman dahulu hiduplah seorang pemuda tani yatim piatu di utara yang daerahnya sangatlah kering. Pemuda itu hidup dari bertani dan menjaring ikan.

Suatu hari ia gelisah karena hingga larut malam tak satu pun ikan didapatnya. Hari sudah larut malam, ia pun pulang. Akan tetapi, ketika hendak pulang ia melihat seekor ikan yang indah, warnanya kuning emas. la pun menangkap ikan itu dan segera membawanya pulang.

Sesampainya di rumah, ia hendak memasak ikan itu. Namun, ia pun mengurungkan niatnya lantaran ikan itu sangat indah. Ia memilih untuk memeliharanya, lalu menaruhnya di sebuah wadah yang besar dan memberinya makan.

Keesokan harinya seperti biasa ia pergi ke ladang. Tengah hari ia pun pulang untuk makan siang. Alangkah terkejutnya ia ketika melihat di rumahnya telah tersedia berbagai masakan. la pun teringat pada ikannya karena takut dicuri orang. Dengan bergegas, ia berlari ke belakang dan melihat ikan yang dipancingnya semalam.

Ternyata ikan tersebut masih berada di tempatnya. Ia sempat merasa heran dan berpikir tentang kejadian yang dialaminya siang ini. Namun karena perutnya sudah lapar, akhirnya ia pun menyantap dengan lahap semua masakan tersebut. Kejadian ini pun terjadi berulang-ulang. Akhirnya, pemuda tersebut mempunyai rencana untuk menyelidiki kejadian yang sebenarnya terjadi di rumahnya selama ia pergi.

Suatu hari, ia bersembunyi di antara pepohonan dekat rumahnya. Setelah menunggu, ia mulai melihat asap di dapur rumahnya. Lalu, ia berjalan menuju belakang rumahnya untuk melihat siapa yang melakukan semua itu. Alangkah terkejutnya ia ketika melihat seorang wanita yang sangat cantik dan berambut panjang sedang memasak. Dengan perlahan, ia memasuki rumahnya dan menangkap wanita tersebut.

la berkata, “Hai wanita, siapakah engkau dan dari mana asalmu?” Wanita itu tertunduk dan mulai meneteskan air mata, lalu pemuda itu pun melihat ikannya tak lagi berada di dalam wadah.

la bertanya pada wanita itu, “Hai wanita, kemanakah ikan yang ada di dalam wadah ini?”

Bagian 2

Wanita itu pun semakin menangis tersedu-sedu, tetapi pemuda tersebut terus memaksa dan akhirnya wanita itu pun berkata, “Aku adalah ikan yang kau tangkap kemarin.

Pemuda itu pun terkejut dan berkata, “Hai wanita, maukah engkau menjadi istriku?”

Wanita tersebut pun berkata, “Aku mau menjadi istrimu, tetapi dengan satu syarat. Kelak jika anak kita lahir dan tumbuh, janganlah pernah engkau katakan bahwa dirinya adalah anakni Dekke (anaknya ikan).”

Pemuda itu pun menyetujui persyaratan tersebut dan bersumpah tidak akan mengatakannya. Kemudian mereka pun menikah. Pada akhirnya mereka mempunyai anak yang berusia 6 tahun.

Anak mereka sangat nakal dan tak pernah mendengar jika dinasihati. Lalu , suatu hari sang Ibu menyuruh anaknya mengantar nasi ke ladang untuk ayahnya. Namun, di tengah perjalanan ia terasa lapar la pun membuka makanan yang dibungkus untuk ayahnya dan memakannya.

Setelah kenyang, ia pun kembali membungkusnya dan melanjutkan perjalanannya ke ladang. Sesampainya di tempat sang Ayah, ia memberikan bungkusan tersebut kepada sang Ayah. Ketika ayahnya membuka bungkusan nasi, sang Ayah terkejut karena isinya tinggal tulang ikan saja.

Sang Ayah pun bertanya kepada anaknya, “Hai anakku, mengapa isi bungkusan ini hanya tulang ikan belaka?”

Anaknya pun menjawab, “Di perjalanan tadi perutku terasa lapar jadi aku memakannya.”

Sang Ayah pun emosi dan dengan kuat ia menampar pipi anaknya sambil berkata, “Botul maho anakni dekke (betullah engkau anaknya ikan).” Sang Anak pun menangis dan berlari pulang.

Bagian 3

Sesampainya di rumah, anaknya pun menanyakan kebenaran perkataan ayahnya “Ibu, benarkah aku ini anaknya ikan?”

Mendengar perkataan anaknya, sang Ibu terkejut. Sambil meneteskan air mata, ia berkata di dalam hati, “Suamiku telah melanggar sumpahnya dan sekarang aku harus kembali ke alamku. Seketika sang anak dan ibunya hilang.

Dari bekas telapak kaki mereka, mengalir air yang sangat deras hingga daerah tersebut terbentuk sebuah danau Danau tersebut diberi nama Danau Tuba yang berarti danau tak tahu belas kasih. Akan tetapi, karena orang Batak susah mengatakan “Tuba”, danau tersebut kemudian terbiasa disebut dengan Danau Toba.

Nah Sobat RBD, sekarang udah pada tau kan apa itu cerita fantasi. Semoga artikel ini bisa ngebantu kalian belajar mandiri di rumah ya. Masih banyak materi lain yang bisa kalian pelajari di sini. Yuu, dicek!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *