Kamu Harus Tau Syarat dan Ketentuan Umum SNBP 2024!

Hallo Sobat RBD! Kalau kamu siswa kelas 12 kamu pastinya gak asing dong sama istilah SNBP?

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah sistem seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang dikelola oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) bekerja sama dengan PTN.

Seleksi ini fokus pada prestasi siswa baik akademik maupun non akademik.

Kemudian tidak semua siswa kelas 12 dapat mendaftar lho, namun hanya siswa yang dinyatakan eligible yang berhak mendaftar ya.

Ada beberapa perbedaan SNBP dan SNMPTN, SNMPTN hanya menerima mahasiswa Sarjana dan Sarjana Terapan, sedangkan SNBP selain menerima mahasiswa Sarjana dan Sarjana Terapan juga meneraima mahasiswa vokasi (DIII).

SNMPTN hanya membolehkan siswa untuk memilih program studi (prodi) atau jurusan sesuai dengan jurusan saat di SMA, sedangkan SNBP membolehkan lintas jurusan. Jadi siswa dengan jurusan IPS di SMA boleh mengambil jurusan IPA di PTN atau sebaliknya.

Syarat Peserta SNBP 2024

Selanjutnya kita bahas yuk, apa aja sih syarat daftar seleksi ini , dibaca dengan seksama ya!

  • WNI
  • Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  • Memiliki nilai rapor yang telah diisikan di PDSS sesuai dengan ketentuan
  • Wajib mengunggah portofolio bagi yang memiliki program studi bidang seni dan olahraga
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing PTN
syarat peserta SNBP

Ketentuan Umum

Meskipun seleksi ini sekolah yang mendaftarkan namun penting juga untuk kalian tau lho. Apalagi untuk kalian yang punya prestasi akademik maupun non akademik.

  • SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta prestasi akademik dan non akademik siswa. Prestasi akademik maupun non akademik siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik.
  • Sekolah yang siswanya mengikuti seleksi ini harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan rapor siswa yang eligible di PDSS dengan lengkap dan benar.
  • Sekolah harus memiliki akun SNPMB Sekolah untuk pengisian PDSS. Siswa harus memiliki SNPMB untuk pendaftaran Registrasi Akun SNPMB Sekolah dan registrasi Akun SNPMB Siswa dilakukan di portal SNPMB

Ketentuan Tambahan

Ini dia ketentuan tambahan yang penting untuk diperhatikan bagi peserta seleksi SNBP 2024

  • Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar SNBT 2024
  • Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur Mandiri di PTN manapun

Poin kedua merupakan ketentuan tambahan yang berlaku pada SNBP 2024, hal ini berpengaruh dalam pemilihan jurusan pertama maupun kedua. Jika pilihan pertama adalah pilihan yang diminati, biasanya pilihan kedua gak terlalu diminati ya. Kalau yang diterima adalah pilihan kedua, terus kalian ngerasa kurang minat, kalian ga bisa mendaftar lagi pada jalur SNBT maupun seleksi Mandiri.

Maka bagi peserta seleksi SNBP perlu diperhatikan program studi atau jurusan apa yang akan dipilih. Hal ini dilakukan pemerintah untuk mengacu pada prinsip keadilan yaa.

Klik disini kalau kamu mau tau informasi seleksi masuk PTN lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *