Materi Tes UTBK SNBT 2024, Catat dan Pelajari!

Sebelumnya kita udah membahas tentang aturan terbaru di artikel Aturan Terbaru UTBK-SNBT 2024, sekarang ayo kita bahas tentang materi tes UTBK SNBT 2024. Jadi apa aja sih yang akan diujikan? Kita simak bareng-bareng yuk. Jangan lupa catat dan pelajari mulai dari sekarang ya, supaya tidak keteteran.  

Dari hasil Konferensi Pers SNPMB 2024 kemarin, dihasilkan bahwa materi tes UTBK SNBT 2024 sama seperti tahun lalu terdiri dari Tes Pontensi Skolastik (TPS), Tes Literasi dan Penalaran Matematika.

Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS ini bertujuan mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, tepatnya perguruan tinggi. Sub materi yang diujikan adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif atau penguasaan matematika dasar, pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Nah, ini rincian jumlah soal beserta waktu pengerjaanya :

  • Pengetahuan Kuantitatif 15 Soal dengan waktu 20 Menit
  • Kemampuan Penalaran Umum 30 Soal dengan waktu 30 Menit
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum: 20 soal dengan waktu 15 Menit
  • Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis: 20 soal dengan waktu 25 Menit

Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Di literasi ini akan diukur kemampuan peserta didik dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks. Dengan tujuan menyelesaikan masalah dan membangun kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan dunia agar bisa berkontribusi secara produktif pada masyarakat.

Rincian jumlah soal literasi Bahasa Indonesia ini berjumlah 30 soal dengan waktu pengerjaan selama 45 menit, sedangkan literasi Bahasa Inggris berjumlah 20 soal  dengan waktu pengerjaan 30 menit.

Penalaran Matematika

Tes penalaran matematika bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir perserta didik dalam menerapkan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika dalam penyelesaian masalah sehari-hari.  Tentu pada berbagai konteks yang relevan di kehidupan Masyarakat.

Untuk soal Penalaran Matematika berjumlah 20 soal dengan waktu pengerjaan yaitu 30 menit.

Nah itu dia informasi penting mengenai materi apa saja yang akan diujikan di UTBK 2024 nanti. Agar kalian semakin terbiasa dengan materi soal-soal UTBK 2024, yuk belajar bareng tutor-tutor berpengalaman di Rumah Belajar Daniel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *