5 Tips Lolos SNBT Tanpa Bimbel UTBK

Belajar tanpa Bimbel UTBK

Seleksi masuk jalur tes atau yang dikenal dengan UTBK-SNBT emang agak “menakutkan” buat sebagian siswa. Gimana gak? Tiap tahunnya ribuan orang siap bersaing di laga ini untuk memperebutkan kursi prodi yang hanya tersedia puluhan atau bahkan ratusan! Tak ayal, banyak siswa yang memilih bantuan lembaga bimbel untuk membantu persiapan maksimal sebelum tes. Namun, bisa gak sih kalau lolos UTBK tanpa bimbel? Jawabannya bisa, yuk simak 5 tips lolos SNBT tanpa Bimbel UTBK!

Pahami Materi UTBK

Berbeda dengan ujian di sekolah, jenis tes SNBT ini bakal lebih menekankan kemampuan bernalar kamu. Apalagi mulai dari 2023, hanya akan diujian skolastik dan literasi, yang pastinya semua soal udah dirancang sedemikian rupa biar memenuhi standar HOTS. Jadi kamu perlu paham betul-betul berbagai subtes yang nanti bakal diujikan!

Fokus Belajar dan Disiplin

Bukan main, SNBT bukan tes yang bisa dipersiapkan dalam semalam! Karena gak ikut bimbel UTBK, kamu perlu menyediakan cukup banyak waktu untuk belajar. Fokuslah terhadap hal-hal yang sudah kamu kuasai agar makin paham dan mudah ketika mengerjakan ujian. Hal ini tentu perlu dibarengi dengan kedisiplinan diri yang tinggi, tapi jangan lupa untuk memperhatikan keseimbangan antara waktu belajar dan waktu istirahat.

Latihan Soal Sebanyak Mungkin

Belajar materi aja bisa bikin kamu stuck sampai kemampuan kamu tak terasah dengan baik. Di sela-sela belajar pemahaman materi, perbanyaklah latihan soal biar kamu makin tau tipe-tipe soal apa aja yang biasanya muncul di tes SNBT. Tentu saja, kamu perlu extra miles dan berlatih soal sebanyak mungkin biar gak ketinggalan sama teman-teman kamu yang belajar di lembaga bimbel UTBK.

Rutin Ikuti Tryout di Bimbel UTBK

Bedanya sama latihan soal, di tryout ini kamu bakal ngerasain suasana UTBKnya banget. Dengan jumlah soal yang sesuai, subtes yang sesuai, dan juga waktu yang terbatas. Kamu bakal dibiasain supaya lebih siap pas hari H tes nanti. Informasi tryout bisa kamu dapatkan secara gratis atau berbayar di berbagai lembaga bimbel UTBK. Kalau di RBD setiap bulannya ada tryout yang bisa kamu ikuti, lho! 

Manfaatkan Sumber Belajar dari Bimbel UTBK

Di era informasi saat ini, menemukan sumber belajar di internet bukanlah hal yang sulit. Apa yang kamu perlukan adalah tekad dan kemampuan untuk connecting the dots antar materi atau sub materi. Gabung di grup belajar yang punya vibes ambis yang sama juga bisa jadi salah satu pilihan kamu biar gak ketinggalan info terkini.

Selain sumber belajar dari internet, sekarang udah banyak lho modul belajar yang udah sistematis. Bedanya dengan modul belajar kamu belajar mandiri, tidak dengan guru seperti di lembaga bimbel UTBK.

Jadi meskipun tanpa bimbel, kamu tetap bisa usahakan beberapa cara agar tidak ketinggalan dari mereka yang belajar di lembaga bimbel UTBK. Namun, apabila kamu merasa kesulitan belajar mandiri, jangan ragu untuk menghubungi Rumah Belajar Digital karena di sini ada berbagai program menarik sesuai kebutuhan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *